Cara Sehat dan Bahagia di Bulan Suci Ramadan

Cara Sehat dan Bahagia di Bulan Suci Ramadan

Cara Sehat dan Bahagia di Bulan Suci Ramadhan--

DISWAY JATENG - Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah dan keistimewaan bagi umat Islam. Selama sebulan penuh, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Namun, puasa bukan hanya sekadar menahan lapar dan haus, melainkan juga menahan diri dari segala hal yang dapat mengurangi pahala puasa, seperti marah, berbohong, bergosip, dan lain-lain. Puasa juga bukan hanya sekadar ritual ibadah, melainkan juga cara untuk merawat kesehatan tubuh dan jiwa.

Bagaimana puasa dapat memberikan manfaat kesehatan dan kebahagiaan bagi kita? Simak ulasan berikut ini.

1. Puasa Membantu Menurunkan Berat Badan dan Mengontrol Gula Darah

Salah satu manfaat puasa yang paling terlihat adalah menurunkan berat badan. Hal ini karena puasa dapat mengurangi asupan kalori dan karbohidrat yang biasanya menjadi sumber energi utama bagi tubuh.

Dengan begitu, tubuh akan menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi alternatif, sehingga lemak akan terbakar dan berat badan akan berkurang. Selain itu, puasa juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yaitu hormon yang mengatur metabolisme gula darah.

BACA JUGA:5 Aplikasi yang Wajib Kamu Miliki di Bulan Ramadan untuk Membantu Ibadahmu

Dengan sensitivitas insulin yang baik, gula darah akan tetap stabil dan tidak mudah naik atau turun secara drastis. Ini dapat mencegah atau mengatasi masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

2. Puasa Meningkatkan Fungsi Otak dan Kognitif

Manfaat puasa yang tidak kalah penting adalah meningkatkan fungsi otak dan kognitif. Puasa dapat merangsang produksi sel-sel saraf baru (neurogenesis) dan faktor pertumbuhan saraf (neurotrophic factor) yang dapat memperbaiki kerusakan saraf dan meningkatkan konektivitas antar sel saraf.

Puasa juga dapat meningkatkan oksidasi lemak, yaitu proses pembakaran lemak menjadi asam lemak rantai sedang (medium chain fatty acid) yang dapat digunakan sebagai bahan bakar oleh otak. Dengan demikian, otak akan mendapatkan energi yang cukup untuk menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik. Ini dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, kreativitas, dan kemampuan belajar.

3. Puasa Menyehatkan Sistem Pencernaan dan Detoksifikasi

Manfaat puasa yang lain adalah menyehatkan sistem pencernaan dan detoksifikasi. Puasa dapat memberi istirahat pada organ-organ pencernaan, seperti lambung, usus, hati, dan pankreas yang biasanya bekerja keras untuk mencerna dan menyerap makanan.

BACA JUGA:Isra Mikraj, Bukti Keajaiban Teknologi Ilahi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: