6 Cara Amankan Data Pribadi di Aplikasi Pinjol Ilegal Jika Terlanjur Terdaftar

6 Cara Amankan Data Pribadi di Aplikasi Pinjol Ilegal Jika Terlanjur Terdaftar

Cara amankan data pribadi di aplikasi pinjol--

Cara amankan data pribadi di pinjol berikutnya, yakni dengan monitor aktivitas akun. Langkah ini memungkinkan Anda mencari tahu apabila ada aktivitas yang mencurigakan.

Jika ada tindakan yang mencurigakan, segera hubungi penyedia layanan dan ikuti petunjuk dari mereka. Biasanya mereka akan memberikan petunjuk untuk mengamankan akun beserta data pribadi.

4. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor (2FA)

Autentikasi dua faktor merupakan lapisan keamanan tambahan yang akan membantu melindungi akun Anda. Aktifkan 2FA di semua akun yang mendukungnya.

Dengan ini akan memerlukan verifikasi tambahan selain kata sandi saat Anda masuk. Cara ini juga efektif untuk menghindari adanya penyalahgunaan data pribadi.

BACA JUGA:3 Alasan Mengapa Data Pribadi Pinjol Perlu Dihapus Jika Tidak Lagi Menggunakan Pinjaman Online

5. Waspada Penipuan

Untuk mengamankan data pribadi, sebaiknya selalu waspada terhadap panggilan telepon, pesan teks, dan email yang mencurigakan. Bahkan ada oknum pinjol ilegal yang melakukan modu stersbeut untuk meminta informasi pribadi Anda.

Pastikan jangan pernah memberikan informasi pribadi kepada pihak yang tidak Anda kenal. Karena itu, sebaiknya hati-hati dan blokir nomor atau kontak panggilan yang mencurigakan.

6. Gunakan Keamanan Aplikasi dan Perangkat

Pastikan perangkat Anda memiliki perangkat lunak keamanan yang terbaru, termasuk antivirus dan anti-malware. Selalu perbarui perangkat lunak perangkat Anda, termasuk sistem operasi dan aplikasi, untuk memastikan keamanan yang optimal.

Apabila cara di atas tidak efektif, Anda bisa langsung lapor ke OJK. Kunjungi halaman website resmi OJK dan manfaatkan layanan pengaduan untuk melaporkan tindakan merugikan tersebut.

BACA JUGA:5 Daftar Pinjol Legal tanpa DC lapangan dan Tanpa Khawatir Penyebaran Data Pribadi dan Teror

Demikian informasi seputar cara amankan data pribadi di aplikasi pinjol ilegal yang aman untuk Anda coba. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: