Ingin Melunasi Utang Tapi Tidak Punya Uang? Berikut 5 Langkah Cerdas Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk

Ingin Melunasi Utang Tapi Tidak Punya Uang? Berikut 5 Langkah Cerdas Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk

cara melunasi utang pinjol yang menumpuk--foto detikfinance

DISWAY JATENG - Perlu diketahui bahwa utang dibagi menjadi dua, yaitu bijak dan tidak bijak. Utang bijak  adalah yang digunakan untuk investasi, sedangkan yang tidak bijak digunakan untuk hal-hal konsumtif. Namun, kalian perlu mengetahui cara melunasi utang pinjol yang menumpuk.

Utang yang menjadi prioritas untuk dilunasi adalah yang tidak menghasilkan keuntungan, yaitu utang konsumtif . Beberapa contoh utang yang tidak bijak di sini adalah kredit dan paylater yang belum terbayar. Dengan demikian, perlu ketahui cara melunasi utang pinjol yang menumpuk agar tidak terbebani.

Jika ingin melunasi utang tapi tidak punya uang, maka prioritas utama adalah mengumpulkan uang untuk membayar utang terlebih dahulu. Langkah tercepat adalah menjual barang-barang berharga agar bisa mendapatkan dana yang dibutuhkan untuk membayar utang. Salah satunya yaitu dengan mengetahui cara melunasi utang pinjol yang menumpuk tersebut.

Cara melunasi utang pinjol yang menumpuk salah satunya yaitu dengan gadai emas atau barang berharga lainnya juga bisa menjadi pilihan apabila tidak ingin menjual barang tersebut. Pinjaman dana bisa didapatkan dan utang konsumtif bisa dilunasi. Jika memilih opsi gadai, maka sebaiknya ada pemasukan tambahan yang masuk ke kantong. 

BACA JUGA:Bagaimana Cara Melunasi Utang Pinjol yang Sudah Menumpuk? Berikut 7 Langkah Mudah yang Harus Dicoba

Cara Melunasi Utang Pinjaman Online yang Menumpuk Terbaru 2024

Adapun cara melunasi utang yang sudah menumpuk bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa hal berikut ini :

1. Mencari Pendapatan Tambahan

Salah satu cara melunasi utang pinjol yang menumpuk adalah dengan mencari sumber pendapatan tambahan. Jika memiliki keahlian lain, maka side hustle bisa menjadi pilihan tepat untuk menambah pendapatan.

Adapun cara lain yang bisa dicoba adalah mengambil keuntungan investasi untuk membayar kebutuhan pinjaman atau utang. Setelah utang terbayar, investasi bisa dilanjutkan kembali.

2. Mengurutkan Utang Sesuai Urgensi

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan jika ingin melunasi utang tapi tidak punya uang adalah mengurutkan utang sesuai urgensi.

Masing-masing utang memiliki nominal dan periode jatuh tempo masing-masing. Untuk itulah, diperlukan pengurutan yang sesuai dengan kebutuhan paling mendesak terlebih dahulu.

BACA JUGA:Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar dengan Cepat Terbaru 2024, Lakukan 8 Langkah Cerdas Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: