7 Cara Menghapus Data Pribadi Pinjol Agar Tidak Disalahgunakan, Begini Langkah Cerdasnya

7 Cara Menghapus Data Pribadi Pinjol Agar Tidak Disalahgunakan, Begini Langkah Cerdasnya

Cara menghapus data pribadi pinjol--

DISWAY JATENG - Berikut beberapa cara menghapus data pribadi pinjol agar tidak disalahgunakan. Simak beberapa langkah di bawah ini supaya tidak terjadi berbagai kerugian.

Selain menawarkan kemudahan, pinjaman online juga memiliki risiko penyalahgunaan data pribadi. Karena itu, Anda perlu tahu cara menghapus data pribadi pinjol di platfrom legal atau ilegal.

Penyedia pinjaman online bisa menjadi ancaman kerugian penyalahgunaan data jika nasabah galbay, khususnya pinjol ilegal. Supaya hilang permanen, Anda perlu tahu cara menghapus data pribadi pinjol terbaru 2024.

Cara menghapus data pribadi pinjol permanen menjadi solusi yang dicari saat sudah selesai melunasi pembayaran pinjaman. Hal ini diperlukan agar data di aplikasi tidak tersebar, sehingga dapat disalah gunakan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

BACA JUGA:Cara Menghapus Data KTP di Pinjol Terbaru 2024 Agar Identitas Pribadi Tidak Disalahgunakan

Mengutip dari laman accurate, pinjol legal biasanya meminta akses kamera untuk swafoto dengan KTP, verifikasi suara, dan lokasi. Berbeda dengan pinjol ilegal yang dapat meminta lebih dari itu.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebenarnya telah secara tegas melarang aplikasi pinjol untuk memanfaatkan data pribadi nasabahnya selain untuk kepentingan analisis. Dalam arti lain, data pribadi nasabah hanya boleh digunakan semata-mata untuk menganalisis tingkat kelayakan kredit.

Cara menghapus data pinjol agar tidak disalahgunakan

Nasabah yang saat ini khawatir terjadinya kerugian informasi data pribadi, yakni dengan berhati-hati dalam menggunakan aplikasi pinjol. Namun, jika sudah telanjur mengajukan ke platfrom ilegal, terdapat sejumlah cara menghapus data pinjaman online dari platform tersebut.

Sebaiknya jika sudah melunasi semua utang, segera langsung menghapus informasi pribadi yang ada di pinjol. Berikut sejumlah cara untuk hapus data di aplikasi pinjol agar tidak disalahgunakan seperti dikutip dari berbagai sumber.

BACA JUGA:6 Bahaya Tidak Hapus Data Pribadi di Aplikasi Pinjol Setelah Melunasi Utang

  1. Sebelum menghapus data pribadi, Anda perlu melunasi utang beserta biaya lainnya lebih dulu. Peminjam perlu memastikan tidak ada tagihan yang tersisa. Proses pelunasan tagihan akan membuat proses penghapusan data pribadi pada platform pinjol menjadi lebih mudah.
  2. Ajukan permohonan penghapusan data. Peminjam bisa mencoba untuk mengajukan permohonan penghapusan data ke layanan konsumen pada platform pinjol yang digunakan.
  3. Cara menghapus data pribadi pinjol berikutnya, yaitu bersihkan seluruh data di aplikasi. Peminjam bisa menghapus data secara mandiri pada ponsel pintarnya. 
  4. Hapus aplikasi pinjol. Hal ini bertujuan supaya pihak penyedia pinjaman tersebut tak lagi bisa mengakses seluruh data di dalam perangkat ponsel peminjam.
  5. Mengganti nomor SIM Card dan menonaktifkan akun media sosial. Penggantian kartu perdana memungkinkan untuk menghapus data.
  6. Melakukan reset ponsel. Pengaturan ponsel ke kondisi awal memungkinkan tidak ada data yang dapat diakses ataupun diretas. Namun, jika melakukan reset ponsel, data penting di dalamnnya akan ikut terhapus.
  7. Lapor ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika data tidak kunjung terhapus, seseorang bisa melapor ke OJK terkait penyalahgunaan data pribadi.

BACA JUGA:DC Lapangan Pinjol Berhenti Menagih Nasabah Karena Menggunakan Joki Galbay, Apakah Benar? Begini Faktanya

Informasi penting, jika ingin melapor ke OJK Anda dapat menghubungi ke layanan pengaduan. Berikut beberapa caranya yang bisa Anda coba:

  • Situs resmi OJK: ojk.go.id
  • Alamat email OJK:  [email protected]
  • WhatsApp OJK: 081-157-157
  • Kontak resmi OJK: 157

Demikian informasi seputar cara menghapus data pribadi pinjol yang efektif dan benar. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: