5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Manfaat minyak zaitun dapat membantu sistem KARDIOVASKULAR.--Sumber gambar: dailysia.com

DISWAY JATENG- Manfaat minyak zaitun atau olive oil memiliki beragam khasiat untuk tubuh misalnya kecantikan dan masalah kesehatan. Hal tersebut disebabkan oleh minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang aman untuk dikonsumsi.

Manfaat minyak zaitun dapat Anda rasakan dalam berbagai aspek kehidupan. Mulai dari perawatan tubuh, menjaga sistem imun, hingga mencegah terjadinya penyakit tertentu misalnya serangan jantung atau stroke.

Lantas bagaimana caranya agar kamu bisa mendapatkan manfaat minyak zaitun secara optimal? Yuk, simak ulasan di bawah ini. Melansir dari Medicalnewstoday.com, minyak zaitun diperoleh melalui cara memeras buah zaitun hingga kering.

Yang merupakan alasan utama mengapa minyak ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca manfaat minyak zaitun secara lebih rinci berikut ini.

BACA JUGA:7 Manfaat Minyak Zaitun dalam Kesehatan Payudara

1. Sumber lemak sehat

Manfaat minyak zaitun yang pertama adalah dapat menjadi sumber lemak sehat karena memiliki kandungan lemak sehat yang sangat tinggi. 14 persen di antaranya adalah lemak tak jenuh yang 11 persennya disebut polyunsaturated. Hal tersebut merupakan lemak asam omega 3 dan omega 6 yang sangat baik untuk kesehatan.

Sisanya sekitar 73 persen adalah asam oleat yang terbukti secara ilmiah mampu mengurangi risiko kanker, inflamasi, serta tidak mengalami perubahan kandungan meski dimasak dalam suhu yang sangat tinggi. 

Fakta tersebut menjadi alasan minyak zaitun menjadi pilihan tepat ketika Anda ingin memenuhi asupan lemak dengan melakukan pola hidup sehat.

2. Sumber antioksidan tinggi

Selain memiliki kandungan lemak yang tinggi, minyak yang berasal dari mediterania ini dikenal sebagai sumber antioksidan tinggi. 

Yang membuat minyak zaitun mampu mencegah kolesterol di dalam darah teroksidasi. Sehingga membantu mengurangi risiko penyakit-penyakit berbahaya, seperti gangguan fungsi jantung dan diabetes tipe 2.

BACA JUGA:Mengatasi Penuaan Dini dengan Manfaat Minyak Zaitun, Kulit Terasa Awet Muda Meski di Usia 40 Tahun

3. Mengandung Zat Anti Peradangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: