Tak Perlu Panik, Ini Tips Hadapi DC Lapangan Pinjol yang Tiba-tiba Datang ke Rumah atau Tempat Kerja

Tak Perlu Panik, Ini Tips Hadapi DC Lapangan Pinjol yang Tiba-tiba Datang ke Rumah atau Tempat Kerja

tips hadapi dc lapangan datang ke rumah --foto radar tegal

Debt Collector yang resmi bertugas pasti memiliki surat tugas dari lembaga keuangan atau agency tempat Ia bekerja dan Sertifikasi Profesi Penagihan Pembiayaan (SP3).

3. Terima Kedatangan Debt Collector (DC) dengan Baik

Tips selanjutnya menghadapi Debt Collector yang datang ke rumah adalah menerima kedatangannya dan berani bertemu dengannya. Debitur tidak perlu menghindar karena akan menimbulkan masalah baru.

4. Jelaskan kondisi keuangan kepada Debt Collector (DC)

Tips selanjutnya menghadapi Debt Collector (DC) yang datang ke rumah adalah menjelaskan kondisi keuangan debitur kepada Debt Collector. Selain itu, debitur juga perlu menjelaskan kendala yang menyebabkan dirinya mengalami gagal bayar (galbay).

BACA JUGA: 14 Daftar Pinjol yang Tidak Ada DC Lapangan Terbaru 2024, Tak Perlu Khawatir Didatangi Penagih Pinjol

Selain tips menghadapi Debt Collector yang datang ke rumah, masyarakat perlu tahu beberapa etika penagihan oleh Debt Collector (DC) sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 11/10/DASP tanggal 13 April 2009 sebagai berikut.

1. Debt Collector dilarang menagih menggunakan tekanan secara fisik maupun verbal

2. Debt Collector dilarang menagih kepada pihak selain debitur

3. Penagihan melalui sarana komunikasi dilarang dilakukan secara terus menerus yang bersifat mengganggu

4. Debt Collector dilarang menagih dengan memberi ancaman, kekerasan, dan/atau tindakan yang bersifat mempermalukan debitur

5. Debt Collector menagih menggunakan kartu identitas resmi yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan atau agency tempat Ia bekerja dilengkapi dengan foto diri

6. Penagihan di luar tempat dan/atau waktu tersebut di atas, hanya dapat dilakukan atas dasar persetujuan dan/atau perjanjian dengan debitur terlebih dahulu.

BACA JUGA: 12 Daftar Pinjol Legal Tanpa DC Lapangan Resmi OJK Terbaru 2024, Tak Perlu Takut Penyebaran Data Pribadi

Demikian beberapa informasi mengenai tips menghadapi debt collector (DC) lapangan pinjol yang tiba-tiba datang ke rumah bagi debitur yang galbay pinjol, leasing, atau paylater. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: