Apa yang Harus Dilakukan Ketika DC lapangan Pinjol Datang ke Rumah? Berikut 7 Langkah-langkahnya

Apa yang Harus Dilakukan Ketika DC lapangan Pinjol Datang ke Rumah? Berikut 7 Langkah-langkahnya

Tips hadapi dc pinjol-Jabar Ekspress-

DISWAYJATENG - Baru-baru ini, salah satu penyedia layanan financial technology (fintech) membuat heboh media sosial Indonesia.

Pasalnya, platform pinjaman online (Pinjol) tersebut diduga menggunakan DC lapangan pinjol datang ke rumah untuk menagih utang dan mengakhiri hidup salah satu nasabahnya.

Menurut postingan yang viral di platform media sosial Twitter dan X, penagih utang di platform Pinjol menggunakan jasa DC lapangan pinjol datang ke rumah untuk menagih utang dengan cara mengancam akan menelepon orang di tempat kerja sebagai tanggapan atas pesanan gojek/gofood palsu. 

Biasanya, jika metode penagihan tidak berhasil menagih melalui telpon, pihak pinjol menggunakan jasa DC lapangan pinjol datang ke rumah untuk menagih.

BACA JUGA: 7 Aplikasi Pinjol Tanpa BI Cheking 2024 Lengkap dengan Syarat Pengajuannya, Auto Cair ke Rekening

Lalu apa yang harus kamu lakukan jika DC lapangan pinjol datang ke rumah kamu? Simak informasinya di bawah ini.

1. Menyetujui Kunjungan Penagih Utang

Hal yang paling penting untuk dilakukan jika penagih Pinjol datang ke rumah kamu adalah menerima kunjungan mereka dengan baik. 

Sebaiknya, kamu tidak menghindari tanggung jawab atau melarikan diri. Hal ini dikarenakan nasabah harus membayar utang dan tugas penagih hanyalah menagih utang hingga lunas.

2. Mintalah Perlihatkan Dokumen

Ketika penagih utang datang ke rumah, debitur harus terlebih dahulu memintanya untuk menunjukkan kartu identitas. 

Dia juga harus meminta surat tugas resmi dan sertifikat DC. Dua hal ini adalah langkah dasar untuk menghindari penagih utang ilegal.

BACA JUGA: Berikut Ini Daftar 7 Pinjol Tanpa BI Cheking 2024, Aman dan Gampang Cara Pengajuannya

Penagih utang yang resmi memiliki surat tugas resmi dari perusahaan atau lembaga keuangan yang bersangkutan. Selain itu, debt collector juga harus memiliki akreditasi spesialis pemulihan piutang (SP3). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: