Waspada! Ini 5 Bahaya Minyak Zaitun untuk Wajah, bahkan Bisa Menimbulkan Jerawat!

Waspada! Ini 5 Bahaya Minyak Zaitun untuk Wajah, bahkan Bisa Menimbulkan Jerawat!

MINYAK ZAITUN - Bahayanya Bagi Wajah!--

DISWAY JATENG - Minyak zaitun atau olive oil sudah dikenal memiliki banyak manfaat. Mulai dari manfaat kesehatan hingga kecantikan. Siapa sangka ada bahaya minyak zaitun yang mengintai ketika penggunaan tidak sesuai.

Minyak zaitun memiliki bahaya jika digunakan berlebihan maupun memiliki kulit sensitif. Bahaya minyak zaitun terutama untuk kulit wajah perlu diperhatikan agar tidak mendapatkan masalah wajah.

Bahaya minyak zaitun tentunya karena penggunaan yang salah, padahal minyak zaitun ini mengandung asam lemak dan antioksidan. Kedua zat ini sangat bagus jika digunakan pada kulit dengan penggunaan normal.

Bahkan minyak zaitun dapat mengobati bibir pecah-pecah maupun mengatasi iritasi pada kulit. Itu bukan merupakan bahaya minyak zaitun jika digunakan secukupnya dan dengan penggunaan yang tepat.

BACA JUGA : Khasiat Ampuh Minyak Zaitun untuk Pria, Anda Usia 40 Tahunan Wajib Tahu

Berikut bahaya minyak zaitun untuk kulit:

1. Menyebabkan alergi

Bahaya minyak zaitun yang pertama adalah menyebabkan alergi, terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Reaksi yang terjadi adalah adanya beruntusan pada kulit yang tentu pengunaannya harus dihentikan.

Kondisi alergi yang biasa terjadi adalah eksim, alergi pernapasan, dermatitis kontak dan sebagainya. Hal ini biasanya terjadi setelah atau sebelum menggunakan minyak zaitun ke kulit.

Jika ini sudah terjadi segera hentikan dan berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari efek yang lebih parah. Namun, hindari mengkonsumsi minyak zaitun yang menyebabkan alergi menjadi kambuh.

2. Menimbulkan jerawat

Selain membuat kulit menjadi alergi, masalah yang timbul berikutnya adalah timbul jerawat pada kulit terutama wajah.  Apalagi jika Anda sering menggunakan minyak zaitun pada wajah.

Hal ini disebabkan karena minyak zaitun memiliki konsentrasi tinggi yang dapat menyebabkan tidak mudah meresap. Yang dapat menyebabkan tersumbat dan membuat pori-pori tersumbat yang dapat menyebabkan jerawat.

Apalagi jika kulit berminyak membuat bakteri yang menyebabkan tumbuhnya jerawat akan berkembang. Yang menyebabkan jerawat akan semakin banyak dan cepat dalam pertumbuhannya.

Jika ini sudah terjadi maka sementara hentikan penggunaan sampai jerawat pada wajah hilang. Apabila ingin menggunakannya lagi pengaplikasiannya bisa 2 kali seminggu jangan terlalu sering karena bisa jadi jerawat kembali muncul.

BACA JUGA : 7 Manfaat Minyak Zaitun dalam Kesehatan Payudara

3. Menimbulkan komedo

Minyak zaitun memiliki sifat yang berminyak dan lengket ini menyebabkan pertumbuhan komedo pada wajah. Karena sifatnya yang sulit meresap membuat minyak zaitun dapat menyebabkan komedo.

Asam oleat merupakan kandungan pada minyak zaitun yang membuat minyak di wajah meningkat. Jika minyak pada wajah meningkat tentunya akan membuat kotoran dan debu terperangkap.

Namun penggunaan minyak zaitun ini dapat menyebabkan komedo hitam atau komedo blackhead. Untuk itu hentikan penggunaan jika sudah membaik dapat digunakan lagi namun jangan terlalu sering.

4. Menyebabkan peradangan

Bahaya minyak zaitun berikutnya yang cukup berbahaya adalah dapat menyebabkan peradangan pada kulit wajah. Hal ini disebabkan karena kandungan lemak pada minyak zaitun yang tinggi.

LPS (lipopolisakarida) yang berasal dari asam oleat yang terkandung 78% di dalamnya. Dengan begitu kandungannya jika berlebihan pada darah akan menyebabkan peradangan pada kulit terutama wajah.

5. Ruam Kulit

Ruam kulit menjadi bahaya penggunaan minyak zaitun yang terkahir terutama pada kulit berminyak.

Jika Anda memiliki kondisi kulit yang berminyak sebaiknya hindari penggunaannya terlalu sering. Ini akan berbahaya karena minyak zaitun dan minyak alami pada kulit akan berbahaya.

Kondisi ini jika diteruskan akan menyebabkan kemerahan pada kulit, iritasi dan ruam. Ini disebabkan karena kulit berminyak sendiri merupakan kondisi kulit dimana sekresinya belum terkontrol.

BACA JUGA : Tips Efektif Menggunakan Minyak Zaitun dalam Perawatan Rambut

Berikut bahaya minyak zaitun pada kulit sebaiknya gunakan minyak zaitun secukupnya. Ini bertujuan agar manfaat yang terkandung di minyak zaitun dapat diperoleh bukan bahaya yang didapatkan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: