Kenali Penyebab Mata Panda, Salah Satunya Tanpa Sadar Sering Kita Lakukan

Kenali Penyebab Mata Panda, Salah Satunya Tanpa Sadar Sering Kita Lakukan

mengenal penyebab mata panda--google

DISWAY JATENG – Mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata, adalah kondisi yang umum dialami oleh banyak orang. Penyebab mata panda sangatlah beragam, mulai dari kebiasaan begadang hingga kebiasaan makan-makanan tidak sehat.

Meskipun tidak berbahaya, memiliki mata panda dapat membuat seseorang terlihat Lelah atau terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Hal ini menjadikan banyak orang yang berlomba-lomba untuk mengilangkan mata panda.

Untuk dapat mengatasi mata panda dengan efektif, penting untuk mengetahui apa penyebab mata panda. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa factor yang menyebabkan muncul mata panda.

Penyebab mata panda

1. Kekurangan Tidur

Salah satu penyebab paling umum dari mata panda adalah kekurangan tidur. Kurang tidur dapat membuat kulit menjadi pucat, yang memperjelas pembuluh darah di bawah kulit dan membuat mata terlihat lebih gelap.

BACA JUGA: Hanya Butuh 5 Menit, Inilah 6 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat!

Maka dari itu, sebaiknya anda memiliki tidur yang cukup yaitu sekitar 7-8 jam setiap harinya agar terbebas dari mata panda.

2. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi lebih tipis dan kehilangan kolagen. Hal tersebut menjadikan pembuluh darah yang ada di bawah kulit menjadi lebih terlihat.

Sehingga kulit akan menjadi lebih pucat dan lingkaran hitam di area mata akan semakin menonjol dan lebih jelas.

3. Genetika

Factor genetic juga dapat mempengaruhi penampilan mata panda. Jika orang tua atau saudara kandung anda memiliki mata panda, anda mungkin juga memiliki kecenderungan untuk mengalaminya.

4. Dehidrasi

Dehidrasi membuat kulit di sekitar mata menjadi kering dan tipis. Sehingga hal tersebut akan memperjelas pembuluh darah dan pigmen di bawah kulit kemudian menyebabkan mata panda terlihat jelas.

BACA JUGA: Cara Ampuh Mengatasi Mata Panda Hanya dalam Waktu Seminggu Saja

5. Alergi

Alergi juga dapat menyebabkan mata merah dan bengkak, yang dapat memperjelas pembuluh darah di bawah kulit dan membuat area mata terlihat lebih gelap. Sebaiknya anda menghindari makanan atau minuman yang dapat menyebabkan alergi pada tubuh.

6. Paparan Matahari

Paparan sinar matahari dapat merangsang produksi melanin, pigmen yang memebrikan warna pada kulit. Jika kulit di sekitar mata menghasilkan melanin lebih banyak, ini dapat menyebabkab warna kulit pada area mata berubah menjadi lebih gelap.

7. Makanan dan Minuman Berkafein

Minuman berkafein seperti kopi dan teh, serta makanan yang mengandung kafein seperti cokelat dapat mempengaruhi kualitas tidur dan menyebabkan dehidrasi. Yang Dimana kedua kondisi tersebut dapat memperburuk mata panda anda.

Sebaiknya kurangi asupan makanan dan minuman berkafein agar terhindar dari mata panda yang mengganggu.

8. Alkohol

Alcohol dapat menyebabkan dehidrasi dan mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Konsumsi alcohol yang berlebih dapat membuat mata panda anda terlihat lebih parah dan tambah gelap.

BACA JUGA: Manfaat Lidah Buaya untuk Mata, Solusi Alami Menghilangkan Mata Panda

9. Makanan Tinggi Garam

Makanan yang tinggi garam dapat menyebabkan retensi air, termasuk di area sekitar mata. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan dan memperjelas lingkaran gelap di bawah mata.

Sebaiknya kurangi makanan yang tinggi garam untuk terhindar dari mata panda serta terhindar dari tekanan darah tinggi.

10. Makanan dan Minuman Manis

Factor penyebab mata panda selanjutnya yaitu mengkonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan. Makanan dan minuman manis dapat menyebabkan peradangan dan retensi air pada tubuh.

Sehingga menyebabkan pembengkakan pada area mata yang kemudian dapat memperjelas lingkaran hitam di bawah mata anda.

11. Makanan Olahan

Makanan olahan seringkali tinggi garam dan gula, hal tersebut sudah di bahas pada pembahan di atas. Mengkonsumsi terlalu banyak makanan olahan dapat memperburuk kondisi mata panda anda.

BACA JUGA: Manfaat Lidah Buaya untuk Mata, Solusi Alami Menghilangkan Mata Panda

Jika anda ingin menghilangkannya maka mulai sekarang hindari makan makanan olahan. Dan ganti makanan anda dengan makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan.

Itulah 11 penyebab mata panda yang bisa kamu hindari mulai dari sekarang. Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat dan makan makanan yang bergizi serta sehat untuk terhindar dari mata panda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: