SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal Seleksi 19 Calon Paskibra

SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal Seleksi 19 Calon Paskibra

LATIHAN — Calon Paskibra SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal menjalani latihan di sekolah.--

DISWAYJATENG, TEGAL - SMK Muhammadiyah 1 (SMK Mutu) Kota Tegal mulai menyeleksi calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang akan dikirimkan mengikuti Seleksi Pembentukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kota Tegal Tahun 2024. Sebanyak 19 siswa calon Paskibra diseleksi dalam latihan rutin yang diadakan di sekolah.

Seleksi Pembentukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kota Tegal Tahun 2024 diawali dengan tahapan pendaftaran yang mulai dibuka Senin (19/2/2024). Sebanyak 75 putra-putri terbaik Kota Tegal akan dipilih untuk ditugaskan dalam Upacara Pengibaran dan Penurunan Bendera Pusaka dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia.

BACA JUGA:Diguyur Hujan Deras, Rumah Warga Desa Kalikangkung Kabupaten Tegal Roboh

SMK Mutu menggembleng para calon Paskibra melalui ekstrakurikuler setiap Kamis dan Sabtu. Mereka dilatih kesamaptaan, peraturan baris berbaris, dan diberi materi mengenai Pancasila dan wawasan kebangsaan, intelegensi umum, dan kepribadian. “19 calon Paskibra SMK Mutu terdiri dari 19 siswa Kelas X, 13 putra dan 6 putri,” kata Pembina Paskibra SMK Mutu Jiofani Exel Priambudi ST. 

Tahun lalu, SMK Mutu mengirim lima siswa untuk mengikuti Seleksi Paskibra Tingkat Kota Tegal. Pada 2018, enam siswa SMK Mutu mampu lolos di Tingkat Kota, dan pada 2017 satu siswa mengikuti Seleksi Paskibra Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Setelah dilakukan seleksi, tahun ini SMK Mutu akan mengirim sembilan calon Paskibra ke Seleksi Paskibra Tingkat Kota Tegal.

BACA JUGA:Personel Polres Pemalang dan Warga Evakuasi Pohon Tumbang

Mereka adalah Rio Agung Saputra dari Kelas X Program Keahlian Teknik Otomotif 1, Yusya Fauzan Syabani (X Animasi 1), Anesa Khafidatul Khasanah (X Teknik Otomotif 4), Alfin Ramadiansyah (X Teknik Otomotif 2), Dini Ayu Listiyani (X Teknik Kelistrikan), Irza Banu S (X Teknik Otomotif 2), David Tri Kuncoro (X Animasi 1).

Kemudian Rifvan Triardi Firmansyah (X Teknik Otomotif 2) dan Syahrul Apriansyah Putra (X Teknik Otomotif 2). Jio berpesan kepada calon Paskibra yang dikirim tahun ini terus belajar. “Selalu belajar mengenai wawasan kebangsaan terutama ideologi Pancasila, diimbangi dengan fisik dan keterampilan peraturan baris berbaris,” pesannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: