Google Android 14 vs Apple iOS 17, Sistem Operasi Smartphone Mana yang Lebih Unggul di Tahun 2024?

Google Android 14 vs Apple iOS 17, Sistem Operasi Smartphone Mana yang Lebih Unggul di Tahun 2024?

Google Android 14 vs Apple iOS 17, Sistem Operasi Mana yang Lebih Unggul di Tahun 2024?--

DISWAY JATENG - Sistem operasi ponsel pintar menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dua sistem operasi yang paling populer saat ini adalah Google Android dan Apple iOS.

Kedua sistem operasi ini terus bersaing untuk menawarkan fitur-fitur terbaru dan terbaik bagi penggunanya. Pada tahun 2024 ini, Google meluncurkan Android 14, sementara Apple merilis iOS 17. Lalu, mana yang lebih unggul di antara keduanya?

Desain dan personalisasi

Salah satu perbedaan mencolok antara Android dan iOS adalah desain dan personalisasi. Android 14 mengusung konsep Material You, yang memungkinkan pengguna untuk mengubah warna, bentuk, dan ukuran ikon, widget, dan elemen lainnya sesuai dengan preferensi dan wallpaper mereka.

Android 14 juga menambahkan fitur Magic Editor, yang memungkinkan pengguna untuk mengedit foto dan video dengan mudah dan cepat. Fitur ini hanya tersedia di ponsel Google Pixel 8.

BACA JUGA: Goggle Android 14 vs Xiaomi HyperOS, Dua Sistem Operasi yang Berbeda tapi Sama-sama Canggih

iOS 17, di sisi lain, tidak banyak mengubah desainnya dari versi sebelumnya. iOS 17 masih mengandalkan tampilan yang minimalis, elegan, dan konsisten.

iOS 17 menambahkan beberapa fitur personalisasi, seperti Lock Screen photo layering, yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan lapisan foto di layar kunci mereka, dan Stickers, yang memungkinkan pengguna untuk menempelkan stiker lucu di pesan, foto, dan video mereka. Namun, fitur ini hanya bisa dilihat oleh pengguna iPhone lainnya.

Fitur dan fungsionalitas

Android dan iOS juga bersaing dalam hal fitur dan fungsionalitas. Keduanya menawarkan fitur-fitur yang memudahkan pengguna dalam berbagai aspek, seperti komunikasi, produktivitas, hiburan, dan keamanan. Berikut adalah beberapa fitur unggulan dari masing-masing sistem operasi:

1. Android 14

  • Nearby Share: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi file, foto, video, dan kontak dengan pengguna Android lainnya yang berada di dekatnya, tanpa perlu koneksi internet atau Bluetooth. Fitur ini mirip dengan AirDrop milik Apple, namun lebih cepat dan fleksibel.
  • Live Caption: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat teks dari suara yang diputar di ponsel mereka, baik itu dari video, podcast, panggilan, atau aplikasi lainnya. Fitur ini berguna bagi pengguna yang memiliki masalah pendengaran, atau yang ingin menonton video tanpa suara.
  • Smart Reply: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan saran balasan yang cerdas dan relevan dari pesan yang mereka terima, baik itu dari SMS, WhatsApp, Gmail, atau aplikasi lainnya. Fitur ini menggunakan kecerdasan buatan untuk menganalisis konteks dan isi pesan, dan menawarkan balasan yang sesuai.

BACA JUGA: Perbedaan Antara Iphone dan Android, Mana yang Lebih Cocok untuk Anda?

2. iOS 17

AirDrop dan NameDrop

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: