5 Jenis Perut Buncit, Kenali Penyebab dan Bahayanya

5 Jenis Perut Buncit, Kenali Penyebab dan Bahayanya

5 Jenis Perut Buncit, Kenali Penyebab dan Bahayanya--

DISWAY JATENG - Perut buncit merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi di masyarakat. Perut buncit adalah kondisi di mana terdapat penumpukan lemak di area perut. 

Perut buncit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pola makan yang tidak sehat, gaya hidup yang kurang aktif, dan faktor genetik.

Jenis-jenis perut buncit dapat dibedakan berdasarkan penyebabnya, yaitu:

BACA JUGA:10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami. Sangat Ampuh dan Aman

1. Perut yang buncit akibat obesitas

Obesitas adalah kondisi di mana berat badan seseorang melebihi batas normal. Obesitas dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pola makan yang tidak sehat, gaya hidup yang kurang aktif, dan faktor genetik.

Pada orang yang mengalami obesitas, penumpukan lemak tidak hanya terjadi di area perut, tetapi juga di seluruh tubuh. Namun, penumpukan lemak di area perut umumnya lebih terlihat.

2. Perut yang buncit akibat penumpukan gas

Penumpukan gas di perut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti konsumsi makanan yang mengandung gas, seperti kacang-kacangan, sayuran tertentu, dan minuman bersoda; gangguan pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS); dan kondisi medis tertentu, seperti penyakit celiac dan penyakit Crohn.

Perut yang buncit akibat penumpukan gas biasanya bersifat sementara dan dapat hilang dengan sendirinya setelah gas dikeluarkan dari tubuh.

3. Perut yang buncit akibat penumpukan cairan

Penumpukan cairan di perut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti gagal jantung, sirosis hati, dan kanker hati.

Perut buncit akibat penumpukan cairan biasanya terasa keras dan menebal. Kondisi ini juga dapat disertai dengan gejala lain, seperti sesak napas, kelelahan, dan bengkak di kaki.

4. Perut yang buncit akibat kehamilan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: