Bahaya Perut Buncit pada Orang Kurus yang Jarang Diketahui

Bahaya Perut Buncit pada Orang Kurus yang Jarang Diketahui

Bahaya Perut Buncit pada Orang Kurus yang Jarang Diketahui--

DISWAY JATENG - Pada umumnya, orang yang memiliki berat badan ideal atau kurus, akan memiliki perut yang rata.

Namun, ada juga orang yang memiliki badan kurus, tetapi mereka memiliki perut buncit. Kondisi ini disebut dengan skinny fat atau kurus gemuk.

Orang yang memiliki skinny fat, memiliki persentase lemak visceral yang tinggi, tetapi persentase lemak subkutan yang rendah.

Lemak visceral adalah lemak yang berada di dalam rongga perut, di sekitar organ-organ vital. Lemak ini lebih berbahaya bagi kesehatan dibandingkan dengan lemak subkutan, yang berada di bawah kulit.

BACA JUGA:7 Fakta Penyebab Perut Buncit yang Jarang Orang Sadari, Salah Satunya karena Badan Kurang Gerak

Faktor Penyebab

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan orang kurus memiliki perut buncit, antara lain:

  • Asupan kalori yang berlebih

Penyebab utama dari penumpukan lemak adalah asupan kalori yang berlebih dibandingkan dengan jumlah kalori yang dibakar. Hal ini dapat terjadi pada orang kurus yang mengonsumsi makanan tinggi kalori, seperti makanan olahan, makanan cepat saji, dan minuman manis.

  • Kurangnya aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang tidak cukup dapat menyebabkan tubuh tidak membakar cukup kalori. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan lemak, termasuk lemak di perut dan pada akhirnya orang itu memiliki perut buncit.

  • Stres

Stres dapat menyebabkan tubuh melepaskan hormon kortisol. Hormon ini dapat meningkatkan nafsu makan dan penyimpanan lemak.

  • Gangguan tidur

Kurang tidur dapat meningkatkan hormon ghrelin, yang merangsang nafsu makan. Selain itu, kurang tidur juga dapat menurunkan hormon leptin, yang berfungsi untuk mengatur rasa kenyang.

BACA JUGA:Berikut 7 Penyebab Perut Buncit Pada Anak yang tidak Boleh di Sepelekan

  • Faktor genetik

Faktor genetik juga dapat berperan dalam menentukan distribusi lemak di tubuh. Beberapa orang memang lebih cenderung memiliki perut buncit, meskipun mereka memiliki berat badan yang ideal.

Cara Menghilangkan Perut Buncit pada Orang Kurus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: