7 Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Mudah Dilakukan secara Mandiri

7 Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Mudah Dilakukan secara Mandiri

JOGGING. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menegcilkan perut buncit.--sumber gambar: Women's Health Magazine

DISWAY JATENG - Selain mempengaruhi penampilan, perut buncit juga berisiko terhadap sejumlah masalah kesehatan tubuh. Itulah sebabnya tak sedikit yang mencari-cari cara mengecilkan perut buncit secara efektif dan efisien.

Perut buncit adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perut yang tampak besar atau gendut karena penumpukkan lemak. Lalu, bagaimana cara mengecilkan perut buncit yang mudah dan aman dilakukan?

Terdapat sejumlah kondisi yang menyebabkan perut buncit, mulai dari penumpukkan lemak perut. Sehingga untuk cara mengecilkan perut buncit pun harus dilakukan dengan berbagai aktivitas, yang aman dan nyaman.

Berikut adalah beberapa cara mengecilkan perut buncit yang dapat Anda lakukan secara mandiri di rumah.

1. Berolahraga secara Rutin

Mengecilkan perut buncit salah satunya dengan berolahraga secara rutin. Karena dapat membantu membakar kalori, meningkatkan metabolisme tubuh, serta mengubah lemak menjadi sumber energi.

Olahraga bisa dilakukan minimal 30 menit setiap hari, adapun olahraga yang direkomendasikan adalah:

  • Jogging.
  • Jalan kaki.
  • Bersepeda.
  • Zumba atau senam aerobik.
  • Berenang
  • Yoga dan pilates.

2. Membatasi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Cara berikutnya adalah dengan membatasi asupan makanan dan minuman olahan mengandung gula yang tinggi. Karena tubuh dapat menyerap gula dengan cepat sehingga turut meningkatkan kadar hormon insulin di dalam tubuh.

Hal ini dapat memicu peningkatan berat badan, obesitas, resistensi insulin dapat mengakibatkan diabetes tipe 2, dan sebagainya. Anda baiknya untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gula alami seperti buah-buahan.

Beberapa buah yang direkomendasikan seperti mangga, jeruk, apel, dan sebagainya.

3. Batasi Mengonsumsi Karbohidrat Sederhana

Selain membatasi konsumsi minuman dan makanan manis, Anda juga harus membatasi konsumsi karbohidrat berlebihan. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengecilkan perut buncit dan menghilangkan lemak.

Karena makanan yang mengandung karbohidrat sederhana misalnya, makanan cepat saji serta makanan bertepung. Makanan ini dapat meningkatkan penumpukkan jumlah lemak di tubuh terutama perut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: