7 Penyebab Perut Buncit pada Wanita, Salah Satunya lantaran Faktor Menopause

7 Penyebab Perut Buncit pada Wanita, Salah Satunya lantaran Faktor Menopause

PCOS. menjadi salah satu penyebab perut buncit pada wanita--sumber gambar: SaludAIO

4. Menopause

Faktor menopause menjadi salah satu penyebab perut buncit pada wanita. Beberapa wanita akan mengalami kenaikan lemak perut saat memasuki fase menopause.

Menopause biasanya terjadi satu tahun setelah seorang wanita memiliki periode menstruasi terakhirnya. Karena pada waktu menopause tersebut, kadar estrogen dalam tubuh akan tuurn drastis.

Sehingga menyebabkan lemak tidak lagi disimpan pada pinggul dan paha, tetapi di dalam perut. Sebuah studi menemukan jika wanita menopause dini cenderung mendapatkan lemak perut tambahan.

Seiring bertambahnya usia, menopause juga tidak dapat dihindari oleh kaum hawa. Salah satu cara untuk wanita yang telah memasuki menopause harus rutin berolahraga.

5. Wanita yang Menderita PCOS

PCOS atau sindrom ovarium polikistik merupakan kondisi terganggunya fungsi ovarium pada wanita di usia subur. Kondisi ini menyebabkan hormon wanita penderita PCOS menjadi tidak seimbang karena hal yang tidak diketahui.

PCOS membuat wanita yang menderita memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi. Juga sering menjadi pemicu kenaikan berat badan, terutama kadar lemak di sekitar perut.

6. Stres

Stres juga menjadi salah satu penyebab perut buncit, pada sebagian orang saat mengalami stres. Dapat meningkatkan nafsu makan terutama makan makanan manis dan tinggi lemak.

Sehingga dalam kondisi ini dapat menyebabkan adanya penumpukan lemak berlebih di perut. Hormon kortisol atau hormon stres akan meningkatkan jumlah lemak dalam tubuh dan melebarkan ukuran sel lemak.

Nah, tingginya kadar hormon kortisol dalam tubuh sering dikaitkan dengan meningkatnya lemak perut.

7. Postur Tubuh yang Bungkuk

Salah satu faktor penyebab perut buncit adalah dari postur tubuh yang bungkuk. Saat Anda berdiri dengan posisi bungkuk makan perut akan terlihat lebih besar.

Namun ketika Anda berdiri dengan posisi tegak maka perut akan terlihat kecil. Karena saat berdiri maupun duduk dengan posisi tegak, maka otot perut akan tertarik ke atas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: