Ketahui Tips Memilih Pinjol Legal Cepat Cair Resmi OJK yang Aman dan Terpercaya, Ikuti Langkah Berikut Ini

Ketahui Tips Memilih Pinjol Legal Cepat Cair Resmi OJK yang Aman dan Terpercaya, Ikuti Langkah Berikut Ini

pinjol legal cepat cair--foro bengkulu express

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan kalian memahami persyaratan dan ketentuan pinjol yang dipilih. Persyaratan dan ketentuan pinjol biasanya meliputi informasi tentang jumlah pinjaman, tenor, bunga, biaya, dan cara pembayaran.

Persyaratan pinjol biasanya meliputi informasi tentang identitas diri, pekerjaan, penghasilan, dan alamat tempat tinggal. Tenor pinjaman online biasanya berkisar dari 7 hari hingga 36 bulan.

Cek daftar pinjol legal di OJK

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa pinjol yang kalian pilih telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Daftar pinjol legal dapat diakses melalui website OJK di https://sikapiuangmu.ojk.go.id/: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/.

OJK telah menerbitkan daftar pinjol legal terbaru per tanggal 3 Januari 2024. Daftar tersebut terdiri dari 109 pinjol yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Cek reputasi pinjol

Bacalah review dari pengguna pinjol yang lain untuk mengetahui reputasi pinjol tersebut. Kalian dapat membaca review di forum online, media sosial, atau website review pinjol.

Review dari pengguna pinjol dapat memberikan gambaran tentang pengalaman pengguna lain dalam menggunakan pinjol tersebut, termasuk proses pengajuan pinjaman, kecepatan pencairan dana dan cara penagihan.

BACA JUGA:Daftar 101 Pinjol Legal Cepat Cair Resmi OJK Terbaru 2024, Berikut Tips Pengajuan yang Harus Kamu Tahu

Perhatikan bunga dan biaya

Pinjol legal harus menetapkan bunga dan biaya yang wajar. Bunga pinjol biasanya dihitung dengan persentase per bulan. Biaya pinjol dapat berupa biaya administrasi, biaya provisi, dan biaya layanan.

Bunga pinjol yang ditetapkan oleh OJK maksimal adalah 0,8% per hari atau 24% per tahun. Biaya administrasi maksimal adalah 10% dari jumlah pinjaman. Biaya provisi maksimal adalah 10% dari jumlah pinjaman. Biaya layanan maksimal adalah 10% dari jumlah pinjaman.

Selain tips di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengajukan pinjaman online, yaitu:

  • Pahami risiko pinjaman online, termasuk bunga yang tinggi dan cara penagihan yang tidak adil

Pinjol memiliki risiko, seperti bunga yang tinggi dan cara penagihan yang tidak adil. Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan kalian memahami risiko tersebut.

  • Pastikan kalian memiliki kebutuhan mendesak yang membutuhkan dana tunai

Pinjol sebaiknya hanya digunakan untuk kebutuhan mendesak, seperti biaya pengobatan, biaya pendidikan, atau biaya perbaikan rumah. Jangan menggunakan pinjol untuk kebutuhan yang tidak mendesak, seperti untuk membeli barang yang tidak penting atau untuk berjudi.

  • Hitung kemampuan kalian untuk membayar cicilan pinjaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: