Apa Itu Lentigo? Ungkap Penyebab, Gejala, dan 6 Cara Mengatasinya

Apa Itu Lentigo? Ungkap Penyebab, Gejala, dan 6 Cara Mengatasinya

Gejala, penyebab, dan cara mengatasi lentigo--

DISWAYJATENG - Kulit yang sehat dan cerah adalah dambaan setiap orang, tetapi terkadang, munculnya bercak gelap atau lentigo bisa menjadi masalah yang mengganggu penampilan dan kepercayaan diri.

Lentigo, yang sering dianggap sebagai tanda penuaan atau dampak dari paparan sinar matahari berlebihan, sebenarnya merupakan kondisi kulit yang umum.

 

Inilah informasi mengenai Lentigo, pengertian, gejala, penyebab, dan cara mengatasinya. Simak berikut ini!

 

Apa Itu Lentigo?

 

Lentigo adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan adanya bercak kulit berwarna gelap atau berpigmen yang muncul pada permukaan kulit.

BACA JUGA:Pisang untuk Kulit Bebas Flek Hitam dan 10 Manfaat Lainnya yang Wajib Kamu Coba

 

Bercak ini sering dianggap sebagai "tanda penuaan kulit" karena biasanya muncul pada orang yang lebih tua akibat paparan sinar matahari berkepanjangan. Meskipun demikian, lentigo juga dapat terjadi pada orang dengan usia yang lebih muda.

 

Bercak lentigo ini tidak memiliki ukuran yang jelas dan umumnya tidak beraturan. Meskipun kebanyakan lentigo bersifat stabil.

Akan tetapi ada beberapa tanda yang harus diwaspadai, seperti pertumbuhan kulit baru, perubahan pada tahi lalat yang ada, atau perubahan kulit yang tidak biasa.

 

Gejala Lentigo

 

Gejala lentigo umumnya mencakup perubahan pada kulit yang tampak sebagai bercak berpigmen atau hiperpigmentasi. Berikut adalah beberapa gejala umum lentigo:

BACA JUGA:Rahasia Kulit Cerah dan Sehat: 5 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit

 

1. Bercak Kulit Berwarna Gelap atau Hitam

 

Gejala utama dari lentigo adalah munculnya bercak kulit yang berwarna gelap atau hitam, seringkali lebih gelap daripada warna kulit sekitarnya.

 

2. Bercak Bulat atau Oval

 

Lentigo cenderung memiliki bentuk yang bulat atau oval, dengan ukuran yang bervariasi. Namun lentigo ini umumnya membentuk bercak pada kulit yang tidk berbentuk dan tidak beraturan.

 

3. Tidak Menimbulkan Rasa Sakit atau Gatal

 

Biasanya, lentigo tidak menimbulkan rasa sakit atau gatal, lebih sering bersifat mengganggu penampilan daripada menyebabkan ketidaknyamanan fisik.

 

4. Terutama Muncul pada Daerah Terpapar Sinar Matahari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: