Apa Manfaat Sunscreen Mengandung SPF dan PA? Begini Penjelasan Selengkapnya

Apa Manfaat Sunscreen Mengandung SPF dan PA? Begini Penjelasan Selengkapnya

SUNSCREEN- Apa itu SPF dan PA yang terkandung pada sunscreen?--

DISWAY JATENG - Sunscreen mengandung SPF dan PA! Apa Maksud dari Keduanya? Panas ekstrim sekarang ini sudah menjadi konsumsi sehari hari. Tentunya kulit membutuhkan perlindungan ekstra agar tidak mengalami kanker kulit karena terpapar panas ekstrem.

Kulit lengan dapat menggunakan lotion dengan kandungan yang melindungi dari panas ekstrem dan melakukan penggunaan kembali setelah 4 jam penggunaan. Sedangkan wajah, perlu menggunakan sunscreen agar terhindar dari sinar UV dan warna kulit tidak sama.

Kini, sunscreen sudah menjadi skincare wajib bagi bagi sebagian besar orang baik wanita maupun pria yang perhatikan kesehatan kulit. Dengan menggunakan kembali setelah 4 jam penggunaan agar kulit terlindung secara maksimal.

Terdapat juga istilah UVA dan UVB yang tertera pada berbagai produk skincare maupun lotion. Kandungan yang penting bagi kulit terutama kulit wajah agar tidak terpapar langsung sinar matahari (UV).

BACA JUGA: 3 Produk Sunscreen Bikin Wajah Glowing, Wajah Bebas Flek Hitam

UVB merupakan sinar UV yang menyebabkan kanker kulit, yang berakibat pada luka bakar maupun penggelapan kulit. Kandungan ini biasanya termasuk kedalam SPF karena berfungsi melindungi kulit dari sunburn.

Sedangkan UVA efek paparan UV yang timbul secara langsung, yang biasanya menimbulkan penuaan dini. Kandungan ini biasanya masuk ke dalam PA dalam kandungannya yang melindungi dari noda hitam maupun efek terbakar.

Sekarang banyak sunscreen dengan keterangan SPF baik 25,30, maupun 50 dan PA yang diikuti (+) dibelakangnya. Namun, apakah makna dari simbol tersebut?

Apa itu SPF?

SPF kepanjangan dari Sun Protector Factor yang dirancang untuk memberi perlindungan terhadap kulit dari paparan sinar matahari. Dengan adanya kandungan SPF pada sunscreen akan membuat kulit mampu bertahan lebih lama di bawah sinar matahari.

Umumnya, kulit manusia hanya mampu bertahan selama 10-15 menit tanpa menggunakan lotion apapun. Dengan kandungan SPF, kulit dapat terlindungi lebih dari 10 kali yang mengurangi terbakarnya kulit.

BACA JUGA: Waduh Ternyata Begini! Inilah 7 Dampak Akibat Sering Tidak Menggunakan Sunscreen

Ada beberapa SPF yang terdapa pada skincare, namun apa saja perbedaannya? SPF 15 mampu menahan sampai 93% radiasi sinar UVB. Yang mampu memberikan ketahanan selama, 10 menit x 15 = 150 menit atau sekitar 2,5 jam.

SPF 30 mampu menahan hingga 97% radiasi sinar UVB. Yang dapat memberikan ketahanan selama 10 menit x 30 = 300 atau sekitar 4 jam 10 menit. SPF 5O yang mampu menahan sampai 98% radiasi sinar UVB. Yang mampu memberikan ketahanan selama 10 menit x 50 = 500 menit atau sekitar 8 jam lebih.

Apa itu PA?

PA merupakan Protection Grade, yang biasnya diikuti simbol + pada PA menggambarkan tingkat perlindungan suatu produk sunscreen. Hal ini memastikan pengguna dapat perlindungan yang cukup dengan penggunaan yang cukup pula.

Berikut penjelasan tentang PA yang biasanya tertulis pada produk skincare:

  • PA+ : sedikit perlindungan terhadap UVA.
  • PA++ : cukup perlindungan terhadap UVA.
  • PA+++ : tinggi perlindungan terhadap UVA.
  • PA++++ : sangat tinggi perlindungan terhadap UVA.

BACA JUGA : Waduh Ternyata Begini! Inilah 7 Dampak Akibat Sering Tidak Menggunakan Sunscreen

Tips pengunaan sunscreen

1. Perhatikan jumlah yang digunakan

2. Gunakan perlindungan lain, mulai dari topi maupun baju lengan panjang

3. Gunakan tabir surya secukupnya, tidak terlalu banyak dan terlalu sedikit

4. Pastikan menghindari sinar matahari saat terik, dari pukul 10 pagi hingga 4 sore

Berikut merupakan penjelasan mengenai SPF dan PA yang wajib diketehui, agar ketika membeli sunscreen tidak salah beli. Dan juga dapat merasakan manfaat dalam penggunaannya secara berkala dan tidak lupa menggunakan pakaian tertutup agar terlindungi dari sinar UV. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: