UMKM Tegal Tembus Pasar Luar Negeri

UMKM Tegal Tembus Pasar Luar Negeri

PAMERAN - Sekda Kabupaten Tegal Amir Makhmud saat menghadiri pameran UMKM di Desa Kalijambe, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal.Foto: Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Tegal kini tembus ke pasar luar negeri. Hal ini diakui Sekda Kabupaten Tegal Amir Makhmud saat membuka pameran UMKM yang digelar oleh Majelis Sholawat Zikir dan Ilmu Darul Taubah di Desa Kalijambe, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal.

Melalui ajang tersebut, para pelaku usaha kecil, usaha mikro dan ultra mikro bisa terbantu, terutama dalam hal pemasaran produk maupun promosinya.

Menurut Sekda Amir, peran UMKM sangat penting sebagai saka guru atau penopang perekonomian nasional yang berkontribusi hingga 67 persen dari PDB Nasional dan mampu menyerap sekitar 97 persen lapangan kerja.

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem, Jungle Permadi Guci Kabupaten Tegal Ditutup

Amir juga meminta pelaku UMKM bisa menyiapkan produknya semenarik mungkin, sebaik mungkin dengan harganya yang bersaing, termasuk alternatif pembayaran nontunai melalui fitur QRIS juga harus tersedia.

"Kita dorong agar penggunaan pembayaran digital semakin memasyarakat," tegasnya.

Amir menyebut, di tengah era ekonomi digital ataupun teknologi finansial, penggunaan media pemasaran baik itu platform marketplace ataupun media sosial telah merevolusi cara beroperasi, cara bersaing dan berdagang, termasuk di kalangan pelaku UMKM.

BACA JUGA:Kepala SMP Negeri 1 Bumijawa Kabupaten Tegal akan Mengajar di Luar Negeri

“Pemasaran produk kita sudah tidak lagi terbatas menjangkau pasar lokal, tetapi sudah menjangkau pasar nasional dan bahkan global bagi pelaku usaha yang sudah menguasai pemasaran lewat marketplace luar negeri,” ujarnya.

Pada prinsipnya, lanjut Amir, digitalisasi dan transformasi perdagangan melalui platform marketplace dan media sosial telah banyak membantu para pelaku UMKM naik kelas.

Sehingga pihaknya pun akan terus mendorong proses transformasi digital para pelakunya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: