5 Tips Diet Sehat, Aman dan Cepat Menurunkan Berat Badan

5 Tips Diet  Sehat, Aman dan Cepat Menurunkan Berat Badan

5 Tips Diet Sehat Aman dan Cepat Menurunkan Bearat Badan--

DISWAY JATENG - Diet sehat dan aman dengan mengatur pola makan dilakukan untuk menurunkan berat badan. Berat badan berlebih atau obesitas dapat membuat seseorang lebih beresiko terserang penyakit.

Penyakit serangan jatung dan diabete sering kali ditemukan pada penderita obesitas. Maka segera lakukan diet sehat dan aman, agar terhindar dari penyakit tersebut.

Lakukan diet secara sehat dan aman agar kondisi tubuh tetap terjaga. Meskipun dengan cara sehat diet ini dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

Untuk melalukan diet ini perlu konsisten penuh untuk mendapatkan hasil maksimal. Langsung saja berikut tips diet yang sehat dan aman.

Tips Diet Sehat, Aman dan Cepat Menurunkan Berat Badan

Beberapa cara dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Terpenting dari cara tersebut melakukan defisit kalori, berikut 5 tips yang dapat dilakukan.

1. Menurunkan Asupan Makanan

Mengatur konsumsi makanan sesuai kebutuhan kalori kita. Kebutuhan kalori orang dewasa sekitar 2.150 – 2.650 perhari.

Kalori yang  berlebih akan tersimpan sebagai lemak. Sehingga, berat badan akan mengalami kenaikan.

Ketika asupan makanan seimbang juga akan membuat tubuh lebih sehat. Sehingga, perhatikan jumlah kalori harian yang dikonsumsi dengan baik. Mengontrol asupan makanan ini diet paling sehat dan aman untuk di lakukan.

2. Meningkatakan Aktivitas Fisik

Selain menjaga asupan makanan, melakukan aktivitas fisik juga di perlukan untuk menurunkan berat badan. Lakukan olahraga secara rutin setiap harinya dan konsisten

Olahraga akan membakar kalori dalam tubuh, sehingga sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Baiknya olahraga kardio untuk melatih ketahanan tubuh.

Olahraga kardio juga dapat secara tidak langsung membentuk badan ideal. Olahraga tersebut seperti angkat beban, lompat tali, lari atau bersepeda. 

3. Mengonsumsi Makanan Mengandung Protein 

Makanan yang mengandung protein akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Sehingga nafsu makan akan lebih terkontrol.

Kandungan protein bisa di dapatkan dari tumbuhan maupun hewan. Dari hewan seperti dada ayam, telur, dan ikan sedangkan tumbuhan, seperti kacang merah, dan kedelai.

Kebutuhan protein yang dibutuhkan orang dewasa perhari 50 gram.

4. Mengonsumsi Makanan Mengandung Serat

Makanan berserat bersifat seperti protein , membuat orang yang mengonsumsinya merasa kenyang lebih lama. Namun, perlu diseimbangi dengan mengonsumsi air putih yang cukup.

Serat yang di butuhkan oleh orang dewasa sekitar 25 – 38 gram perharinya.

Makanan yang mengandung serat tinggi seperti, biji-bijian, sayur dan buah. Pada buah kebanyakan serat tersimpan pada kulit, baiknya makan beserta kulitnya jika memungkinkan.

Sebelum mengonsumsi pastikan buah dan sayur di cuci bersih. Untuk menghilangkan pestisida dalam sayur dan buah, rendamlah  dengan cuka apel.

biji-bijian yang mengandung serat seperti, biji bunga matahari, oatmeal, ciaseed, dan almod. Sedangakan sayur ditemukan di sayuran hijau dan buah seperti pisang pir dan blacberry.

5. Batasi Makanan Gorengan dan Gula

Gorengaan memiliki kandungan minyak jenuh yang dapat menaikan koletrol pada tubuh. Selain itu, makanan ini juga akan membuat lebih cepat lapar.

Ketika cepat lapar maka asupan makanan tidak terkontrol yang dapat menaikan kadar kalori.

Selain gorengan, batasi pula makanan yang mengandung gula. Karena gula beresiko tinggi terkena diabetes.

Makakan yang mengandung gula juga biasanya memiliki kandungan kalori yang tinggi dan kurang bergizi. Kebutuhan gula perharinya hanya sekitar 50 gram atau setara 4-5 sendok gula sehari.

Itulah beberapa tips atau cara diet sehat dan aman menurunkan berat badan. selain itu, perhatikan nutrisi-nutrisi yan di butuhkan tubuh juga sehingga badan akan lebih sehat. Selamat mencoba! (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: