6 Tips Diet Aman Bagi Penderita Asam Lambung yang Aman

6 Tips Diet Aman Bagi Penderita Asam Lambung yang Aman

IDEAL. Tips diet aman bagi penderita asam lambung yang mudah diikuti--gambar diambil dari akun pinterest Mangold & Muskat

DISWAY JATENG- Bagi penderita asam lambung butuh berpikir beribu kali untuk diet. Padahal, dengan metode yang tepat hal ini bukan menjadi masalah.

Dalam sejumlah penelitian yang dilansir dari Everyday Health, para ilmuwan dan dokter telah menemukan sejumlah penelitian berbeda bahwa kelebihan berat badan bisa memicu timbulnya asam lambung atau GERD dan mempengaruhi tingkat keparahannya.

Ada pula penelitian yang menunjukkan bahwa kehilangan berat badan dengan diet sehat bisa memperbaiki bahkan mengatasi gejala asam lambung atau GERD. Salah satunya, ada penjelasan jika berat badan ekstra bisa memberi tekann pada perut.

Pada penjelasan yang lain, orang dengan berat badan berlebih mungkin makan lebih banyak lemak yang merupakan pemicu utama GERD. Menurut Nurses Health Study, menurunkan berat badan justru membantu mengurangi risiko sakit maag pada wanita sebanyak 40%.

BACA JUGA: 5 Tips Menjalani Diet Secara Konsisten Agar Mencapai Target

Nah, untuk itu Anda perlu mencoba sederet metode diet aman bagi penderita asam lambung yang perlu dicoba:

1. Diet Mediterania

Program diet Mediterania menganjurkan untuk mengonsumsi makanan seperti buah-buahan, biji-bijian, dan sayuran yang bisa mengurangi gejala penderita asam lambung. Contoh makanan yang dianjurkan adalah:

  • Alpukat dengan roti gandum.
  • Nasi merah dan sayuran kukus, salmon.
  • Pizza dari gandum utuh dengan saos tomat, keju rendah lemak, dan sayuran.
  • Sate disertai sayuran panggang dan salad.
  • Telur rebus dengan roti gandum.
  • Campuran salad hijau dengan roti gandum.
  • Sandwich menggunakan roti gandum berisi tuna serta sayur panggang.
  • Ayam panggang dengan pasta gandum utuh dengan saos tomat dan sayur panggang.

BACA JUGA: Cara Diet yang Aman untuk Menurunkan Berat Badan Secara Cepat dan Ampuh

2. Makan Sedikit Tapi Sering

Diet aman bagi penderita asam lambung disarankan makan dalamporsi sedikit tapi sering. Bagi kalori menjadi makanan kecil sepanjang hari.

Makan yang lebih sedikit bisa meminimalkan tekanan perut. Anda dapat mempertahankan porsi kecil dan mencoba tidak mengisi perut terlalu banyak.

3. Lewati Cemilan Malam

Anda perlu melewati cemilan malam dalam menjalani diet aman bagi penderita asam lambung. Berhenti makan sebelum pukul 19:00 akan lebih baik bagi penderita asam lambung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: