Dosen Poltek Tegal Harber Adakan Pelatihan Akutansi untuk Guru SMK di Bregaslang

Dosen Poltek Tegal Harber Adakan Pelatihan Akutansi untuk Guru SMK di Bregaslang

PELATIHAN - Dosen Prodi D3 Akutansi Poltek Harber memberi pelatihan spreadsheet dan komputer pada Guru SMK di Poltek Harber.Foto: Meiwan Dani R/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Dosen Program Studi (Prodi) D3 Akutansi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber). Memberi pelatihan spreadsheet dan komputer pada Guru SMK Brebes, Tegal, Slawi dan Pemalang (Bregaslang) dan juga SMK Negeri 1 Bantul, Yogyakarta di Poltek Harber.

Ketua tim PKM Dewi Kartika mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan para peserta nantinya untuk mengikuti uji sertifikasi kompetensi klaster operator aplikasi akutansi. Yang terdiri dari mengoperasikan paket program angka atau spreadsheet dan mengoperasikan aplikasi komputer akutansi.

BACA JUGA:Anggaran Rp130 Juta, Musala SDN Kendalserut 03 Kabupaten Tegal Dibangun 1,5 Bulan

Saat ini, penggunaan spreadsheet merupakan tuntutan persyaratan kompetensi operator aplikasi akutansi yang berbasis komputer. 

“Sedangkan komputer akutansi menggunakan aplikasi MYOB untuk memastikan dan memelihara kompetensi para teknisi akutansi dalam memproses entri jurnal, buku besar, menyusun laporan keuangan berbasis SAK ETAP dengan program komputer pada perusahaan di seluruh wilayah Indonesia dan luar indonesia”, kata Dewi.

BACA JUGA:Zero Knalpot Brong, Polsek Jatinegara Polres Tegal Razia ke Bengkel dan Produsen

Dewi berharap dengan adanya pelatihan seperti itu dapat menjalin kemitraan antara Poltek Harber dan SMK dari wilayah Bregaslang maupun SMK Negeri 1 Bantul, Yogyakarta.

Imam Hasan mengungkapkan, dalam mempersiapkan uji sertifikasi aplikasi komputer akutansi, pihaknya menggunakan aplikasi MYOB pada klaster operator aplikasi akuntansi berbasisk omputer.

BACA JUGA:Sehari Hilang di Sungai Rambut, Jenazah Petani Akhirnya Ditemukan

“Hal tersebut terdiri dari setup awal perusahaan, entri bukti transaksi dan menyajikan laporan keuangan berbasis SAK ETAP, serta laporan keuangan bisa disajikan menggunakan PDF file,”kata Imam.

Untuk mempersiapkan uji sertifikasi komputer dan paket program pengolah angka yaitu spreadsheet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: