Kulit Meradang Pasca Facial? Begini 5 Cara Mengatasinya dengan Cepat

Kulit Meradang Pasca Facial? Begini 5 Cara Mengatasinya dengan Cepat

Cara mengatasi peradangan pasca facial-Halodoc-

DISWAYJATENG - Perawatan wajah, atau facial, merupakan salah satu perawatan kulit yang paling efektif untuk mengangkat kotoran, debu, minyak, dan sel kulit mati yang membandel di wajah.

Menurut Cleveland Clinic, sebaiknya facial dilakukan secara teratur, kira-kira empat hingga enam minggu sekali.

Biasanya, facial dilakukan oleh ahli kecantikan dan sebaiknya tidak sembarangan. Efek samping seperti kemerahan dan pembengkakan pada wajah bisa terjadi.

Facial terdiri dari beberapa tahap: pembersihan, pelembab, pengelupasan kulit, dan aplikasi elemen lain yang disesuaikan dengan jenis kulit dan kebutuhan spesifik.

Setelah prosedur ini, kulit seringkali menjadi meradang. Tapi, tak perlu khawatir, karena kondisi wajah akan kembali normal dalam satu atau dua hari.

BACA JUGA:Buat Kamu yang Akan Mencoba Facial Wajah Pertama Kalinya, Inilah 7 Manfaat Facial Wajah yang Perlu Kamu Tahu

Jika pembengkakan dan kemerahan parah dan berlangsung beberapa waktu, segera konsultasikan dengan ahli kesehatan.

Pembengkakan dan kemerahan bisa diobati di rumah. Berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi pembengkakan dan kemerahan setelah prosedur facial:

1. Berikan kompres es.

Mengompres wajah dengan es batu bisa jadi salah satu cara efektif mengatasi pembengkakan dan kemerahan. Tapi, hati-hati ya, jangan langsung tempel es batu ke kulit.

Bungkus es batu dengan handuk bersih atau cling film, lalu tempelkan pada wajah yang bengkak. Jangan tekan terlalu lama, cukup 10-15 menit per sesi.

Suhu rendah dari es batu dapat menyempitkan pembuluh darah, mengurangi aliran darah, dan akhirnya mengurangi iritasi dan peradangan di area wajah.

Kamu juga bisa menggunakan irisan mentimun atau kantong teh celup untuk pijatan lembut dan meningkatkan sirkulasi darah.

2. Gunakan pembersih wajah yang lembut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: