Ingin Memiliki Rambut Sehat Berkilau? Begini Tipsnya yang Bisa Dilakukan secara Mandiri

Ingin Memiliki Rambut Sehat Berkilau? Begini Tipsnya yang Bisa Dilakukan secara Mandiri

BERKILAU. Memiliki rambut sehat berkilau dengan melakukan perawatan simple.-gambar di screenshot dari akun youtube Hairstyle / Sac Modeli-

DISWAY JATENG- Rambut sehat berkilau merupakan pertanda bahwa Anda mempunyai rambut yang sehat. Cara merawat rambut agar sehat, lembut, halus, dan tetap berkilau setiap hari tidak semua orang mengetahui. Apakah Anda salah satunya? 

Perlu kamu ketahui, rambut juga bisa mengalami dehidrasi atau kekeringan akibat styling rambut, paparan sinar matahari, cucaca yang lembab, dan mewarnai rambut lho!. Setiap helai rambut ditutupi oleh penutup ukuran kecil berfungsi sebagai lapisan luar.

Jika rambut mengalami kekeringan, penutup tersebut akan terbuka dan membuat kutikula rambut mengalami kerusakan. Dalam kondisi ini rambut kehilangan kelembapan yang membuatnya berkilau. Sebab itu, merawat rambut rusak agar kembali sehat untuk mengembalikan kilau alaminya memerlukan cara perawatan yang tepat.

Kerusakan rambut umumnya terjadi akibat beberapa faktor, di antaranya:

a. Penggunaan alat styling rambut yang dapat menghilangkan minyak alami rambut sehingga rambut menjadi kering dan rusak, seperti penggunaan hair dyrer dan alat catok.

BACA JUGA: Atasi Masalah Rambut Rontok dengan Sampo yang Ramah Dikantong

b. Menggunakan produk shampo, pewarna, dan gel rambut (pomade) yang mengandung bahan kimia berlebihan.

c. Polusi udara dan paparan sinar matahari langsung yang berlebihan.

Berikut cara menjaga kesehatan rambut yang bisa dilakukan di rumah, tentunya tidak perlu memerlukan perawatan mahal. Begini tipsnya:

1. Keramas Menggunakan Shampo yang Sesuai dengan Masalah Rambut

Memastikan menggunakan shampo dan conditioner yang sesusai dengan kebutuhan rambut memang perlu diperhatikan. Hal ini cukup berpengaruh membuat rambut sehat berkilau.

2. Membilas Rambut Menggunakan Air Dingin

Menggunakan air dingin untuk membilas rambut setelah keramas sangat disarankan untuk membersihkan rambut dari busa dan sisa shampo yang menempel . Sebab, membilas rambut menggunakan air dingin dapat membantu mengunci kelembapan rambut yang dapat menjaga rambut sehat berkilau.

BACA JUGA: Alami Rambut Rontok dan Kering, Begini Cara Mengatasinya Bisa dilakukan dirumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: