Pahami Risiko Galbay Pinjol Resmi Terdaftar OJK Apabila Tidak ingin Terjadi 5 Hal ini

Pahami Risiko Galbay Pinjol Resmi Terdaftar OJK Apabila Tidak ingin Terjadi 5 Hal ini

Risiko galbay pinjol resmi--

DISWAY JATENG - Bagaimana pengalaman risiko galbay pinjol resmi? Apakah ada Debt Collector (DC) lapangan yang mendatangi rumah?

Mari membahas lebih lanjut tentang risiko galbay pinjol resmi atau legal. Sering menjadi pertanyaan banyak orang, apakah setiap pinjol legal menggunakan DC lapangan untuk menagih nasabah? Tak hanya itu, apakah pinjol legal akan menagih ke saudara, kerabat dekat, dan teman?

Proses penagihan dan risiko galbay pinjol resmi dilakukan melalui telepon dan kunjungan. Walaupun menggunakan DC lapangan, sebagai P2P lending yang sudah memiliki izin OJK, pinjol legal harus tunduk dengan aturan yang OJK.

Lalu, apa saja risiko galbay pinjol resmi atau legal? Berikut informasi lengkap jika nasabah menunggak atau gagal bayar pinjol legal terdaftar OJK.

BACA JUGA:4 Cara Bebas Hutang Pinjol Tanpa Bayar, Worth It buat Digunakan untuk Kaum Galbay

BACA JUGA:Cara Aman Galbay Pinjol Ilegal, Begini Cara Hapus Data Pribadi Pinjaman Ilegal

Risiko Galbay Pinjol Resmi

1. Dikenai denda keterlambatan

Risiko galbay pinjol resmi yang paling umum terjadi yaitu denda keterlambatan. Apabila nasabah tidak dapat membayar cicilan tepat waktu, maka penyedia pinjol akan menetapkan denda.

Umumnya, semakin lama waktu keterlambatan maka semakin besar denda yang diberikan. Sesuai dengan aturan OJK, denda keterlambatan yang dikenakan maksimal 0,8% per hari.

Tak hanya itu, jumlah denda keterlambatan maksimal dapat dikenakan kepada nasabah yang galbay 100% dari jumlah pokok.

2. Merusak reputasi keuangan

Perlu diketahui, informasi keuangan nasabah tercatat dalam sistem milik OJK yaitu SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan). apabila nasabah pernag mengalami aktivitas keuangan, seperti galbay, maka akan tercatat di SLIK OJK.

SLIK tersebut dapat diakses oleh seluruh lembaga keuangan, sehingga jika nasabah galbay pernah mengalami masalah dala aktivitas keuangannya maka akan cepat terdeteksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: