10 Makanan Khas Sunda Legendaris yang Terkenal Lezat dan Nikmat, Tentunya Ngangenin!

10 Makanan Khas Sunda Legendaris yang Terkenal Lezat dan Nikmat, Tentunya Ngangenin!

makanan khas sunda--foto uprint.id

DISWAY JATENG - Suku Sunda merupakan kelompok etnis yang berasal dari bagian barat pulau Jawa. Sama seperti berbagai etnis dan suku lainnya di Nusantara.

masyarakat Sunda juga memiliki kebudayaan khas dan otentik, termasuk dalam hal kuliner. Makanan khas Sunda sendiri menjadi salah satu menu makanan yang sangat tersohor kelezatannya, bahkan bisa ditemukan di berbagai daerah di luar wilayah Jawa Barat.

Berikut Daftar Makanan Khas Sunda yang Populer dan Nikmat :

1. Bakakak Hayam

Makanan yang satu ini wajib untuk dicicipi yaitu Bakakak Hayam atau Ayam Bakakak. Makanan ini termasuk sajian yang kerap untuk kegiatan pesta adat, seperti pernikahan, sunatan dan upacara adat lainnya. Umumnya terbuat dari bahan dasar ayam kampung, yang diolah dengan ragam rempah sehingga memiliki cita rasa khas. Menu makanan tradisional Sunda ini biasanya disajikan dalam bentuk utuh satu ekor ayam.

2. Nasi Tutug Oncom

BACA JUGA:Mengenal Rumah Tradisional Adat Sunda Yang Jarang Diketahui! Cek Yuk!!

Makanan tradisional Sunda satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu makanan khas suku Sunda paling populer. Sesuai dengan namanya, Tutug Oncom, terbuat dari nasi yang di-’tutug’ atau ditumbuk bersama oncom yang sebelumnya telah digoreng.

Sajian Nasi Tutug Oncom khas Sunda kerap disajikan bersama lauk pauk sederhana seperti, tahu dan tempe goreng, ayam goreng, lengkap bersama lalap sayuran segar serta sambal terasi.

3. Lotek

Sama seperti Karedok, Lotek adalah makanan khas Sunda yang sekilas menyerupai gado-gado. Terbuat dari sayuran yang direbus lalu disajikan bersama nasi atau potongan lontong dan bumbu kacang, keunikan dari makanan Sunda ini jika dibandingkan dengan Gado-gado adalah penggunaan terasi di bumbu kacangnya serta kerap disajikan bersama sambal dan tempe sebagai pelengkap. Secara rasa, Lotek memiliki cita rasa yang sedikit lebih manis jika dibandingkan dengan gado-gado ataupun pecel.

4. Kupat Tahu

Bahan utama dari makanan Sunda ini adalah ketupat atau lontong dan tahu yang disajikan bersama kubis dan tauge serta siraman bumbu kacang dan kecap manis. Meski terdengar sederhana olahan Kupat Tahu merupakan salah satu makanan khas Sunda populer dengan ragam variasi olahan resep yang berbeda-beda disetiap daerah-daerah di Jawa Barat.

5. Sate Maranggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: