Inilah Perbedaan KTA Bank vs Pinjaman Online yang Harus Kamu Ketahui, Mana yang Lebih Baik?

Inilah Perbedaan KTA Bank vs Pinjaman Online yang Harus Kamu Ketahui, Mana yang Lebih Baik?

pinjol vs kta bank--foto aturpundi.com

DISWAY JATENG - Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau yang disebut unsecured loan adalah salah satu produk perbankan yang memberikan fasilitas pinjaman tanpa adanya suatu aset yang dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut. Jadi, bagi kalian yang tidak memiliki aset apapun, kalian tetap bisa mengajukan KTA ini. 

Namun karena pengajuannya tanpa jaminan sama sekali, orang cenderung lebih sulit untuk mengajukan jenis pinjaman ini. Bank perlu meninjau ulang dengan seksama apakah layak diberikan pinjaman atau tidak. Proses peninjauan ini yang seringkali membuat seseorang jadi lebih sulit untuk mendapatkan pinjaman. Hal ini yang kerap kali membuat para calon debitur (peminjam dana) beralih untuk mengajukan pinjaman secara online.

Jika ingin mengetahui lebih lengkapnya, kami akan melakukan perbandingan, KTA Bank vs Pinjaman Online: Mana yang Lebih Baik?

Kedua jenis pinjaman tersebut ada poin-poin berikut ini :

1. Proses Pencairan Dana

Saat ingin mengajukan KTA ke pihak bank, nasabah bisa mengajukan secara online atau langsung mengunjungi bank ybs. Proses pencairan dana juga tergantung pada kelengkapan persyaratan yang dimiliki nasabah dan tentu saja bank akan mengecek skor kredit dari IDI Historis yang dimiliki nasabah. Jika semuanya sesuai ketetapan bank, maka pinjaman KTA yang diajukan nasabah bisa langsung cair dalam kurun waktu sehari atau bahkan lebih cepat.

BACA JUGA:Cepat dan Mudah! Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman KTA Bank Mega, serta Cek Keunggulannya

2. Besar Pinjaman

Jika kalian membutuhkan dana besar, kalian dapat memanfaatkan KTA dari pihak bank. Biasanya orang yang mengajukan KTA bank mengalokasikan dana pinjamannya untuk biaya seperti pendidikan, pernikahan, pembayaran rumah sakit, maupun biaya lainnya yang cenderung besar. Berbeda dengan pinjaman online yang biasanya tidak bisa memberikan pinjaman besar, kisarannya hanya di angka Rp.1.000.000,- Rp.4.000.000 saja.

3. Tenor Pinjaman 

Jangka waktu pinjaman KTA di dalam bank hingga 36 bulan atau bahkan lebih. Nasabah dapat mengangsur pembayaran KTA lebih lama. Berbeda dengan pinjaman online yang biasanya hanya berkisar 1 Pengajuan KTA di bank konvensional atau pinjaman di bank online-4 minggu saja. Tentu saja jika kalian membutuhkan waktu lebih lama untuk mengangsur pembayaran, akan lebih baik jika menggunakan KTA dari bank saja. 

4. Suku Bunga

Suku bunga yang ditawarkan KTA biasanya lebih rendah dibanding kartu kredit, selain itu bunga juga bersifat tetap dan tidak berubah-ubah selama masa kontrak kredit. Selain itu bunga yang dikenakan oleh pihak bank biasanya per bulan. Berbeda dengan pinjaman online yang yang biasanya mengenakan bunga yang dihitung per hari. Tentu saja hal ini bisa membuat total pinjaman menjadi lebih besar saat akhir pelunasan utang. Jadi semakin lama kalian mengambil tenor pinjaman, semakin tinggi pula bunga yang akan dikenakan di pinjaman kalian. 

BACA JUGA:Butuh Dana? Inilah 7 Aplikasi Pinjol Bunga Rendah Tenor Panjang Terbaik Resmi OJK, Cicilan Aman Terkendali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: