Suara Demokrasi, SMP Negeri 6 Kota Tegal Adakan Pemilihan Ketua OSIS

Suara Demokrasi, SMP Negeri 6 Kota Tegal Adakan Pemilihan Ketua OSIS

MEMILIH-Sejumlah siswa sedang memilih dalam Pilketos di SMP Negeri 6 Kota Tegal.Foto:Meiwan Dani R/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - SMP Negeri 6 Kota Tegal mengadakan Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) sebagai wujud pengamalan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karena belajar demokrasi masuk dalam Kurikukum Merdeka sebab sekolah dengan tema suara demokrasi telah memprogramkan agar siswa dapat memahami tentang pemilu. Sehingga siswa belajar berdemokrasi bersama Panwascam Kecamatan Tegal Barat.

"Setelah itu mereka menerapkan komponen lainya yang ada kaitanya dengan Pemilu, seperti Pilketos," kata Kepala SMP Negeri 6 Kota Tegal Sukarmin. 

BACA JUGA:Kamar Tarno Nyaris Ludes Terbakar, Warga Batursari Kabupaten Brebes Gempar

Setelah memahami proses demokrasi, maka sekolah menerapkan dengan Pilketos. Ada tiga calon yang diajukan dalam Pilketos tersebut. Mereka menyampaikan visi dan misi kepada  seluruh siswa yang mempunyai hak suara agar memilih ketua dan wakil OSIS. 

"Semuanya mempraktekan persis dengan apa yang sudah mereka dapatkan dari Panwascam. Dan mereka hanya mempunyai hak pilih dalam Pilketos," ujarnya.

BACA JUGA:Surat Suara Terlalu Lebar hingga Pendaftaran Pemilih Jadi Kendala, Hasil Evaluasi Simulasi Pemungutan Suara KP

Adanya Pilketos tersebut, Sukarmin berharap siswa bisa memahami demokrasi, dan menyikapi di dalam suara demokrasi yang sesuai dengan keinginan. 

"Karena dalam pemilu ada yang menang dan kalah. Setelah dilakukan pemilihan semua bisa memahami kepentingan bersama," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: