Ketahui 6 Manfaat E-Wallet untuk Bisnis, dan Cek Cara Kerjanya

Ketahui 6 Manfaat E-Wallet untuk Bisnis, dan Cek Cara Kerjanya

manfaat e-wallet dan cara kerjanya--foto IDwebhost

DISWAY JATENG - Penggunaan dompet digital, atau dikenal sebagai e-wallet, begitu populer sebagai salah satu metode transaksi non tunai di Indonesia. Dilansir dari Katadata, hasil riset dari RedSeer menunjukkan bahwa sebanyak 29% transaksi e-commerce di tanah air dilakukan dengan dompet digital.

Jumlah ini membuat Indonesia jadi negara tertinggi di Asia Tenggara yang menggunakan dompet digital untuk transaksi di e-commerce.

Dompet digital atau dompet elektronik adalah aplikasi untuk melakukan berbagai transaksi keuangan dengan menggunakan saldo uang yang tersimpan di dalamnya. Mirip seperti dompet fisik yang menyimpan uang tunai, aplikasi ini berfungsi sebagai dompet digital untuk menyimpan uang dalam bentuk saldo. 

Jadi, saldo uang yang tersimpan dalam dompet digital pun dapat dipakai untuk transaksi di masa mendatang. Jenis transaksinya sendiri cukup beragam, mulai dari bayar tagihan bulanan seperti listrik dan BPJS Kesehatan, beli tiket bioskop, pulsa, paket data, belanja online, hingga investasi. 

Cara Kerja E-wallet untuk Bisnis

BACA JUGA:Cara Mudah Pinjam Uang E-Wallet DANA Tanpa KTP, Praktis dan Langsung Cair!

Dompet digital memiliki cara kerja yang simpel, dan hal ini juga yang menjadi salah satu alasan lain di balik popularitasnya. Untuk bisa menggunakan dompet digital, pengguna harus download aplikasinya dan membuat akun terlebih dulu.

Tiap aplikasi biasanya menyediakan panduan pembuatan akun yang mudah diikuti. Jika akun sudah aktif, lakukan top up atau pengisian saldo melalui metode yang disediakan. Setelah itu, dompet digital sudah bisa dipakai untuk melakukan transaksi online maupun offline.

Untuk transaksi online, kalian dapat meminta pelanggan untuk memilih e-wallet untuk bisnis sebagai tipe pembayaran. Sedangkan untuk transaksi offline, sediakan kode QR yang bisa di-scan pelanggan untuk melakukan pembayaran.

6 Manfaat E-wallet untuk Bisnis

Kehadiran dompet digital tidak hanya memudahkan pelanggan dalam melakukan berbagai transaksi. Dari sisi pelaku bisnis, teknologi finansial satu ini juga memberikan sejumlah manfaat tersendiri, yaitu:

1. Cara aman menyimpan uang

Pada penggunaan dompet digital, uang yang kalian terima juga akan berbentuk digital atau elektronik. Hal ini dapat membantu kalian untuk menyimpan uang dengan aman. Jadi tidak was-was kalian memikirkan uang tunai dalam jumlah banyak yang tersimpan di laci kasir atau kantor. 

Terlebih, keamanan dompet digital juga ditunjang dengan sistem akses yang cukup ketat. Umumnya, kalian harus memasukkan password, PIN, atau data biometrik seperti fingerprint untuk bisa mengakses aplikasi dompet digital dan melakukan transaksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: