Butuh Dana? Inilah 5 Sumber Pinjaman Dana untuk Modal Usaha yang Bisa Kalian Manfaatkan!

Butuh Dana? Inilah 5 Sumber Pinjaman Dana untuk Modal Usaha yang Bisa Kalian Manfaatkan!

sumber pinjaman dana--foto harapan rakyat

DISWAY JATENG - Memiliki usaha atau bisnis adalah impian hampir setiap orang. Selain menjadi kebanggan karena berhasil membangun dari hasil keringat sendiri, waktu kerja yang tidak terbentur rutinitas juga menjadi alasan. Namun begitu, tidak semua hal bisa berjalan mulus, banyak faktor yang menyebabkan orang gagal membangun bisnisnya sendiri.

Bagi kebanyakan orang yang hendak memulai bisnisnya, keluhan karena ketiadaan dana atau modal sangat mudah dijumpai. Ketika ide usaha sudah terlintas di kepala, keinginan itu terpaksa dikubur kembali lantaran modal yang tidak mencukupi. Namun juga tidak seharusnya modal selalu dijadikan alasan. Sekarang, banyak sumber pinjaman dana yang bisa diakses dengan mudah misalnya bank dan koperasi. Bahkan, banyak bank yang menawarkan pinjaman Kredit Tanpa Agunan atau KTA.

Selain bank, saat ini sudah ada lembaga non-bank yang memberi pinjaman dana. Namun, setiap lembaga memiliki syarat dan ketentuan pinjaman dana yang berbeda. Selain itu, sebelum memutuskan menggunakan fasilitas pinjaman dana, kalian harus perhatikan dengan benar legalitas dan keamanannya terlebih dahulu. 

Butuh Pinjaman Dana? Berikut Berbagai Sumber Pinjaman Dana yang Perlu Diketahui :

BACA JUGA:Pinjol Bunga Rendah Modal KTP, Cair Pinjaman Dana Hingga Rp6 Juta di Aplikasi PinjamanGO, Gini Caranya!

1. Pinjaman online

Makin berkembangnya teknologi berdampak juga pada sumber pinjaman dana. Sekarang marak sistem pinjaman yang bisa dilakukan secara online, umumnya dimiliki oleh platform Fintech atau Financial Technology. Namun, jika kalian termasuk yang tertarik pada pinjaman online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mengenai suku bunga dan legalitas Fintech tersebut. Pilih Fintech yang benar-benar terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan memiliki reputasi yang bagus. Ini penting karena saat ini marak juga Fintech abal-abal yang tidak terdaftar secara resmi di OJK.

2. Koperasi

Melalui koperasi simpan pinjam, kalian bisa memperoleh pinjaman dana secara tunai. Meski begitu, pada umumnya koperasi dapat memberikan pinjaman hanya kepada anggotanya saja. Jadi, apabila kalian sudah menjadi anggota sebuah koperasi, tidak ada salahnya untuk meminjam uang tunai ke koperasi. Koperasi biasanya terdapat di kantor-kantor atau instansi dan tingkat daerah seperti desa dan kelurahan.

3. Bank

Selanjutnya, sumber pinjaman dana yang sudah banyak diketahui adalah Bank. Bank banyak menawarkan mekanisme pinjaman modal usaha, yang cukup populer yaitu Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Setiap bank memiliki persyaratan dan ketentuan yang berbeda-beda menyangkut KTA. Namun pada umumnya, KTA ditujukan pada nasabah yang sudah memiliki rekening di bank yang bersangkutan. KTA sendiri merupakan produk bank yang cukup populer selain tabungan. Selain KTA, bank juga memiliki peminjaman dana yang menggunakan agunan.

4. Pegadaian

Sumber pinjaman dana yang berikutnya adalah pegadaian. Lembaga non keuangan yang satu ini cukup populer di masyarakat untuk dijadikan sumber pinjaman dana. Pada pegadaian, kalian bisa memperoleh pinjaman dengan menggadaikan barang-barang berharga yang kalian miliki sebagai jaminan. Umumnya, barang-barang yang digadaikan seperti emas, kendaraan, ataupun alat-alat elektronik rumah tangga, barang-barang tersebut kemudian dianalisa dan ditentukan berapa nilainya, lalu pinjaman dana bisa kalian peroleh.

5. Pinjaman Dana dari Keluarga atau Teman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: