Panduan Lengkap Servis Motor dan Kenali 8 Poin Penting yang Wajib Diperhatikan

Panduan Lengkap Servis Motor dan Kenali 8 Poin Penting yang Wajib Diperhatikan

--

Apa saja sih harus diganti saat melakukan servis motor? Berikut ini kami bahas beberapa point penting saat servis kendaraan kesayangan kalian.

1. Ganti Oli Mesin

Oli mesin adalah darah bagi motor. Untuk menjaga performa mesin, gantilah oli sesuai dengan jarak tempuh yang telah dicapai. Biaya yang perlu kamu siapkan meliputi pembelian oli (dengan harga bervariasi tergantung merek) dan biaya jasa ganti oli.

2. Ganti Oli Gardan

Bagi pengguna motor matic, ganti oli gardan perlu menjadi prioritas. Oli gardan berperan dalam melumasi gear pada Continuously Variable Transmission (CVT). Aturan umumnya adalah 2 kali ganti oli mesin, baru kemudian 1 kali ganti oli gardan.

3. Perhatikan Kondisi Busi

Busi merupakan komponen penting yang mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api, memungkinkan mesin menyala. Pastikan busi berfungsi dengan baik, karena jika tidak, motor dapat sulit dinyalakan. Ganti busi secara berkala untuk menjaga performa mesin.

4. Cek Kondisi Kampas Rem

Keselamatanmu saat berkendara sangat bergantung pada sistem pengereman. Jika kampas rem tipis, rem menjadi kurang pakem dan meningkatkan risiko kecelakaan. Selalu periksa kondisi kampas rem saat melakukan servis motor.

5. Filter Udara yang Bersih

Filter udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran, mencegah kotoran masuk dan menyumbat sistem injeksi serta karburator. Lakukan pemeriksaan dan bersihkan filter udara jika perlu, atau gantilah jika sudah tidak dapat dibersihkan.

6. Perhatikan Kondisi Aki

Aki yang sehat mendukung kinerja listrik motor. Pastikan tegangan aki sesuai ketentuan dan periksa apakah ada kebocoran atau karat pada terminal. Jika kondisinya sudah tidak layak, segera ganti aki untuk menjaga kenyamanan berkendara.

7. Pemeriksaan Ban

Kondisi ban yang baik sangat penting untuk keselamatanmu. Pemeriksaan tekanan udara, kondisi ban secara keseluruhan, dan lainnya harus dilakukan secara berkala. Pastikan ban tidak gundul dan selalu cek sebelum menggunakan motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: