8 Wisata Candi Hindu-Budha di Jawa Tengah dan DIY, Dijadikan sebagai Tempat Ibadah

8 Wisata Candi Hindu-Budha di Jawa Tengah dan DIY, Dijadikan sebagai Tempat Ibadah

candi hindu-budha di jawa tengah--foto jawapos.com

DISWAY JATENG - Candi adalah istilah yang merujuk kepada sebuah bangunan keagamaan tempat ibadah peninggalan purbakala yang berasal dari peradaban Hindu-Bundha.

Candi merupakan bangunan replika tempat tinggal para dewa yang sebenarnya, yaitu Gunung Mahameru. Karena dengan seni arsitekturnya dihiasi dengan berbagai macam ukiran dan pahatan berupa pola hias yang disesuikan dengan alam Gunung Mahameru.

Bangunan ini gunakan sebagai tempat ritual ibadah, pemujaan dewa-dewi, penghormatan leluhur ataupun memuliakan sang Budha.

Akan tetapi, istilah candi tidak hanya digunakan oleh masyarakat untuk menyebut tempat ibadah saja, banyak situs-situs purbakala non religius dari masa Hindu-Budha Indonesia klasik, baik sebagai istana (kraton), pemandian (petirtaan), gapura, dan sebagainya yang disebut dengan istilah candi. 

BACA JUGA:4 Mitos Candi Prambanan yang Dipercaya Masyarakat, Salah Satunya Hewan Aneh Berkepala Manusia!

Berikut Destinasi Wisata Candi Hindu-Budha yang Ada di Jawa Tengah dan Yogyakarta :

1. Candi Borobudur - Magelang, Jawa Tengah

Candi Borobudur terbentuk dari stupa-stupa, yang dibangun pada abad ke-8 Masehi oleh penganut Budha Mahayana.

Luas dan kemegahan dari Candi Borobudur ini menjadikannya sebagai monumen dan kuil Budha terbesar di Dunia. Hingga kini Candi Borobudur masih digunakan sebagai tempat melakukan beribadah umat Budha, terutama pada saat peringatan hari Trisuci Waisak.

2. Candi Prambanan - Sleman, Yogyakarta

Dikenal juga dengan nama Candi Roro Jonggrand, kompleks Candi Prambanan adalah kompleks Candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 Masehi.

Berdasarkan prasasti Siwagrha, diketahui bahwa candi ini mulai dibangun sekitar tahun 850 Masehi oleh Rakai Pikatan, dan terus dikembangkan dan diperluas oleh Balitung Maha Sambu, pada masa kerajaan Medang Mataram. Dari prasasti ini juga diceritakan bahwa Candi Prambanan dibangun sebagai persembahan kepada Trimurti (tiga dewa utama dalam Hindu) yaitu Brahma,Wisnu, dan Siwa.

Sempat terlantar dan kehilangan identitas sejarah, rakyat setempat mulai menciptakan lengenda asal-mula dari keberadaan candi-candi di kompleks ini dan lahirlah legenda rakyat Roro Jongrang.

3. Candi Gedong Songo - Semarang, Jawa Tengah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: