Makin Eksotis! Objek Wisata Waduk Cacaban dengan Tampilan Barunya, Kalian Wajib Mampir

Makin Eksotis! Objek Wisata Waduk Cacaban dengan Tampilan Barunya, Kalian Wajib Mampir

wisata waduk cacaban--

DISWAY JATENG - Kebedaraan Cacaban adalah berkah Tuhan yang tiada duanya bagi Kabupaten. Dengan adanya waduk ini membuktikan bahwa di wilayah Kecamatan Kedungbanteng dan sekitarnya merupakan daerah subur. Luas Waduk Cacaban 928,7 hektar dan berisi air sebanyak 90 juta M³.

Waduk ini didukung dengan latar belakang pemandangan hutan, panorama perbukitan, pulau-pulau kecil yang dapat dikunjungi. Destinasi wisata ini dipadati pengunjung terutama saat akhir pekan atau weekend (Sabtu dan Minggu). 

Satu di antara objek wisata unggulan di Kabupaten Tegal ini memiliki beberapa wahana yang bisa dinikmati pengunjung hanya dengan membayar satu kali tiket masuk saja. Wahana yang dimaksud seperti gardu pandang, dermaga apung, spot foto, dan area jogging track.

Pengunjung memadati gardu pandang di area Objek Wisata Waduk Cacaban, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu (20/11/2022).

BACA JUGA:Sebanyak 33 Kapal Wisata Dikukuhkan di Waduk Cacaban

Selain itu, di Waduk Cacaban juga ada wahana wisata air yang bisa dinikmati dengan menggunakan perahu. Bagi yang berminat menaiki perahu, maka dikenai biaya tambahan Rp.15 ribu perorang. 

Pengunjung tidak perlu takut, karena perahu yang ada di sini semuanya sudah memiliki izin operasional perahu atau kapal. Protokol keselamatan dipastikan, pengunjung masing-masing menggunakan rompi pelampung.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tegal, Ahmad Uwes Qoroni mengungkapkan, jumlah perahu yang tersedia di Waduk Cacaban kurang lebih ada 33 perahu dan semuanya sudah memiliki izin kapal, termasuk menerapkan protokol keselamatan. Selain itu, ada juga wahana jogging track dan kedepannya akan menambah wahana baru yaitu camping ground.

"Selama ini di Waduk tersebut belum ada paket wisata, nah ini yang kedepannya akan kami optimalkan lagi. Seperti belum lama ini, kami mencoba membuat paket wisata yaitu dari jam 05.00-10.00 WIB.

Jadi pengunjung bisa menikmati matahari terbit dari Gardu Pandang, kemudian dilanjutkan senam bersama, lalu ke jogging track, dan setelah itu naik perahu sambil menebar benih ikan, terakhir singgah ke pulau kenanga sambil menikmati buah durian. Jadi ya seperti dikemas dalam paket outbound," jelasnya. 

Adapun untuk harga tiket masuk di Waduk Cacaban saat ini, weekend atau hari libur Rp.6 ribu per-orang dewasa. Sedangkan anak-anak harga tiket masuk Rp.4 ribu per-orang. Untuk harga tiket weekday (Senin-Jumat) anak-anak Rp.3 ribu, dan dewasa Rp.4 ribu per-orang.

Jika ingin menikmati wahana perahu, maka ada biaya tambahan yang dikenakan yaitu Rp.15 ribu per-orang. Untuk parkir sepeda motor dikenai biaya Rp.3 ribu.

Waduk tersebut dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB sampai 21.00 WIB. Kedepannya akan kami sesuaikan lagi. Harga tersebut sesuai Perda nomor 12 tahun 2021," imbuhnya.

Seorang pengunjung, Maryam (21), warga asal Bogor, Jawa Barat ini, mengaku baru pertama kali mengunjungi Objek Wisata Waduk Cacaban. Perempuan berhijab ini mengatakan biasanya jika ada kesempatan berkunjung ke Tegal, selalu menyempatkan mampir ke DTW Guci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: