Pemkot Tegal Gelar Teknologi Tepat Guna

Pemkot Tegal Gelar Teknologi Tepat Guna

Plt Kepala DPPKBP2PA Kota Tegal Moh Afin foto bersama usai penyerahan hadiah di halaman Perusda CMJT, Minggu (19/11).--Harian Pagi Radar Tegal

DISWAY JATENG - Pemerintah Kota Tegal selama tiga hari terhitung mulai Jumat, Sabtu dan Minggu (17, 18 dan 19 November 2023) mengadakan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Kota Tegal 2023 di halaman Perusahaan Daerah Citra Mandiri Jawa Tengah (Perusda CMJT) selatan Alun-alun Kota Tegal.

Sebanyak 27 Pos Pelayanan Tekologi Tepat Guna (Posyantek) dari 27 kelurahan dan 2 stand sekolah mengisi Gelar TTG tersebut.

Untuk Juara TTG Tingkat Kota Tegal dengan kategori stand terbaik, masing-masing juara 3 Posyantek Kusuma Bahari (Kelurahan Mangkukusuman), juara 2 Posyantek Mantra (Kelurahan Kemandungan) dan juara 1 Posyantek Arjuna (Kelurahan Slerok).

Kemudian untuk kategori produk, juara 3 Kelurahan Pesurungan Lor  (Produk Alat Pemipih Cireng Otomatis serta Aplikasi Monitoring dan Kontrol Alat Berbasis Android), juara 2 Kelurahan Kraton (SMART produk Alat Perajang Stick Kentang), dan juara 1 Kelurahan Tunon (Teladan produk Alat Pencetak Cilok).

Plt Kepala DPPKBP2PA Kota Tegal Moh Afin mengatakan, perkembangan zaman menuntut masyarakat harus kreatif dalam menciptakan produk berkualitas. Untuk itu diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) kompeten. Inovasi yang diwujudkan dalam sebuah produk atau karya, adalah produk yang tidak memiliki dampak buruk terhadap lingkungan.

"Gelar TTG merupakan kegiatan yang berorientasi pada pengembangan sains dan teknologi menuju Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 dengan mengoptimalkan potensi lokal untuk menghasilkan alat yang mudah, murah dan menghasilkan atau bermanfaat," katanya.

Sambutan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal drg Agus Dwi Sulistyantono menyebutkan, TTG merupakan agenda rutin, sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kota Tegal kepada para pencipta teknologi tepat guna yang tersebar di seluruh Kota Tegal.

"Untuk itu, apresiasi melalui Gelar TTG perlu dilakukan secara rutin sehingga akan memotivasi untuk berkreasi dan berinovasi," ujarnya. (mei)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: