Dinas Dikbud Gelar Bimtek Peningkatan Kompetensi Penilik Sekolah

Dinas Dikbud Gelar Bimtek Peningkatan Kompetensi Penilik Sekolah

Sekretaris Dinas Dikbud Kabupaten Tegal memberikan pencerahan digelar bimtek kompetensi penilik sekolah.-hermas purwadi-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENG – Untuk meningkatkan kompetensi penilik sekolah, utamanya dalam menjalankan tugas pendampingan ke satuan pendidikan dilakukan Dinas Dikbud Kabupaten Tegal.

Kegiatan kali ini diikuti 33 penilik sekolah, dengan nara sumber BBPMP Jawa Tengah dan Dinas Dikbud Kabupaten Tegal.

Kepala Dinas Dikbud Fakihurochim melalui sekretaris Dinas Dikbud Winarto SE MM berkesempatan membuka kegiatan, yang digelar diaula lantai II hotel Grand Dian Slawi.

BACA JUGA:Keren! Cegah Kekerasan, Dinas Dikbud Bentuk Tim Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan

"Diharapkan dari kegiatan workshop ini penilik sekolah  dapat lebih siap menghadapi perubahan dalam dunia pendidikan yang terus berkembang. Kami harapkan dapat berperan aktif dalam mendukung implementasi kurikulum Merdeka Belajar di satuan pendidikan mereka masing-masing," ujarnya Jumat 17 November 2023.

Winarto mengatakan, bahwa bimtek ini menjadi langkah awal yang sangat positif, dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah di Kabupaten Tegal, serta menyongsong masa depan pendidikan yang lebih baik.

BACA JUGA:Cegah Stunting, Dikbud Kabupaten Tegal Gerakkan Kembali Usaha Kesehatan Sekolah Anak Usia Dini

“Dengan kompetensi manajerial dan supervisi yang ditingkatkan, para penilik dan pengelola pendidikan dapat memberikan kontribusi positif yang lebih besar bagi kemajuan pendidikan di wilayah ini," cetusnya.

Adapun materi yang diberikan pihak BBPMP Jawa Tengah mencakup perubahan dalam pendekatan pembelajaran, pengelolaan kurikulum, dan aspek-aspek penting lainnya dalam dunia pendidikan. Sehingga mudah diterapkan dalam pendampingan oleh penilik  sekolah kepada kepala sekolah di satuan pendidikan.

" Peran penilik sekolah dalam pengelolaan kurikulum dan fasilitas pengawas, disini diberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana peran mereka telah berubah dalam konteks Kurikulum Merdeka Belajar yang tengah diterapkan secara nasional,” paparnya.

BACA JUGA:Keren! Dikbud Kabupaten Tegal Gulirkan Program Pendidikan Kecakapan Hidup dan Kerja

Ditambahkan, peserta memiliki kesempatan unik untuk berinteraksi langsung dengan narasumber yang sangat kompeten di bidangnya.

Bimtek ini menjadi wadah yang sangat berharga untuk menyampaikan pendapat, pertanyaan, dan pemikiran mereka terkait dengan perubahan dalam peran penilik  sekolah," ungkapnya. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: