Keren! SMPIT Lukman Hakim Gelar Sekolah Orang Tua

Keren! SMPIT Lukman Hakim Gelar Sekolah Orang Tua

Sekolah orang tua yang digelar pihak SMPIT LH berlangsung interaktif.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI , DISWAY JATENG -  Untuk yang kedua kalinya di Tahun Pelajaran  2023/ 2024, SMPIT Luqman Al Hakim Yayasan Ulin Nuha Kabupaten Tegal menggelar kegiatan Sekolah Orang Tua (SOTA). Kali ini kegiatan difokuskan untuk wali murid kelas 8 .

Kepala SMPIT LH, Arif Rahman Hakim menyatakan, kegiatan kali ini mengusung tema 'menghadapi masa pubertas anak'.

Menurutnya tema ini sesuai dengan usia anak kelas 8, yang sudah beranjak remaja.

"Salah satu untuk menjadikan siuswa yang lebih baik, antara siswa dan orang tua harus sama-sama mendapatkan pembinaan. Siswa mendapatkan pembinaan dar iwali kelas masing-masing dan untuk orang tua mendapatkan pembinaan dari pihak luar," ujarnya Jumat 10 November 2023.

Menurutnya, SMPIT Luqman Al Hakim selalu memberikan wadah untuk orang tua dalam menambah wawasan cara mendidik anak (Ilmu Parenting).

"Tujuan kegiatan ini adalah agar sinergi dalam membentuk karakter anak di sekolah dan di rumah. Sebagai orang tua perlu memiliki keterampilan dalam berkomunikasi dengan anak khususnya masa-masa remaja dan mencoba untuk menjadi sahabat yang lebih menyenangkan," cetusnya.

BACA JUGA:Peringati Hari Pahlawan, Dinsos Kabupaten Tegal Berikan Paket Sembako pada Ratusan Veteran

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan, tilawah, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pemberian materi, dan seperti biasa kegiatan SOTA melibatkan pengurus komite kelas sebagai panitia penyelenggara.

"Menurut  World Health Organization ( WHO), anak-anak remaja atau teenager adalah anak-anak yang berusia10-20 tahun  atau akil baligh. Istilah remaja dalam Islam tidak ada. Itu hanya istilah kekinian.Tidak ada remaja yang bermasalah tiba-tiba, masalah itu datang karena beberapa faktor yaitu perubahan hormon, danperubahan intelektualitas," ungkapnya.

BACA JUGA:Keren! Belajar Penanganan Paska Bencana, BPBD Kabupaten Demak Lakukan Study Tiru ke Tegal

Menurutnya, kalau sekarang anak kita bermasalah, mungkin akibat dari akumulasi kejadian sebelumnya, kedekatan ayah kepada Allah juga sangat berpengaruh kepada anak.

BACA JUGA:Pesan Anggota DPRD Kabupaten Tegal saat Memasuki Musim Hujan

"Ayo kita instrospeksi diri, selalu dekatkan kita dengan Alquran," tegasnya. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: