Duh, Penyakit Stroke di Brebes Melonjak! Tembus 2.659 Pasien

Duh, Penyakit Stroke di Brebes Melonjak! Tembus 2.659 Pasien

Dua dokter spesialis saraf RSUD Brebes menggelar PKRS bagi pasien poliklinik pentingnya mengenali gejala stroke.--Harian Pagi Radar Tegal

DISWAY JATENG - Rumah Sakit Umum Daerah Brebes mencatat, jumlah penyakit stroke mencapai 2.659 pasien. Jumlah tersebut, merupakan akumulasi dalam tiga tahun terakhir dengan tren pasien terus melonjak.

Yakni, sebanyak 787 pasien sepanjang 2021, bertambah menjadi 883 pasien pada 2022. Bahkan, hingga semester 2 Tahun 2023 jumlah pasien stroke sudah mencapai 989 orang. Jumlah tersebut, merupakan akumulasi total pasien baik rawat jalan maupun rawat inap.

 

Mencegah terus bertambahnya pasien stroke, RSUD Brebes menggelar Promosi Kesehatan Rumah Sakit, Kamis (2/11). Hal itu, terungkap saat dua edukator sekaligus dokter spesialis saraf menyampaikan penyuluhan.

 

Yakni, dr Atika Tanti Prabawani SpS MSi Med dan dr Yani Arlina SpN. Sosialisasi dan edukasi penyakit stroke, diberikan pada pasien yang sedang antre berobat pada poliklinik.

 

BACA JUGA:Jangan Sepelekan Gejala Ini, Jangan Sampai Anda terkena Stroke

 

"Pentingnya cara mengenali penyebab dan faktor risiko stroke, yakni usia lebih dari 55 tahun ke atas khususnya pria. Kemudian, buruknya pola hidup dan perilaku tidak sehat.

 

Seperti, hipertensi (darah tinggi, red), kelebihan berat badan, kadar gula darah tinggi, pola makan buruk, lokesterol tinggi, gangguan fungsi ginjal hingga kurangnya aktifitas fisik," terangnya.

 

Selain pentingnya mengenali penyebab dan faktor risiko stroke, lanjut Atika, masyarakat bisa mendeteksi munculnya stroke. Yakni, SEGERA KE RS yang merupakan singkatan dari SEnyum tidak simetris, GErak separuh anggota tubuh mendadak melemah, bicaRA pelo atau tidak nyambung.

 

Selanjutnya, KEbas atau kesemutan mendadak pada separuh tubuh. Rabun atau pandangan mata mendadak kabur, dan S sakit kepala hebat mendadak.

 

BACA JUGA:Waspada, Tensi Darah Naik Tinggi saat Tidur Bisa Picu Stroke

 

"Jika satu dari gejala SEGERA KE RS muncul, atau sudah dialami seseorang. Sebaiknya, langsung dirujuk ke rumah sakit untuk pemeriksaan dan diagnosis secara menyeluruh," jelasnya.

 

Memperingati World Stroke Day, RSUD Brebes menyediakan layanan pemeriksaan lanjutan jika mengalami gejala stroke. Yakni, konsultasi di Poli Saraf setiap Senin–Jum’at pukul 09.00 hingga selesai.

 

Konsultannya, dr Atika Tanti Prabawani SpS MSi Med. Bahkan, sekarang telah dibuka Poli Saraf Sore setiap Selasa–Kamis pukul 13.30–16.00 dengan dokter pelayanan dr Yani Arlina SpN.

 

"Stroke, menjadi penyebab kecacatan nomor 1 di dunia. Bahkan, menjadi pemicu kematian nomor 2 dunia setelah jantung. Sebab, setiap 3 detik ada 1 orang terkena serangan stroke di dunia. Padahal, 90 persen penyakit stroke bisa dicegah dengan mengontrol pemicunya," imbuhnya. (syf)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: