Menaklukkan Gunung Telomoyo: Bisa Anda Kunjungi Dengan Kendaraan Pribadi

Menaklukkan Gunung Telomoyo: Bisa Anda Kunjungi Dengan Kendaraan Pribadi

Keindahan Gunung Temoloyo-By Pinterest-

DISWAYJATENG - Gunung Telomoyo adalah salah satu permata di perbatasan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, dengan ketinggian mencapai 1.894 mdpl (meter di atas permukaan laut).

Letak Gunung Telomoyo

Terletak di Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, pendakian Gunung Telomoyo adalah pengalaman yang memukau dan dapat dicapai dengan relatif mudah.

BACA JUGA:Jangan Bersiul! Inilah 4 Sejarah dan Mitos di Dieng yang Harus Kamu Tahu

Jika Anda memulai perjalanan dari pusat kota Magelang, perjalanan menuju titik pendakian akan memakan waktu sekitar 1 jam dengan jarak sekitar 33 kilometer.

Namun, yang membedakan Gunung Telomoyo dari banyak gunung lain adalah Anda bisa mengunjunginya dengan kendaraan pribadi. Baik kendaraan roda 2 maupun roda 4. 

Jalur menuju puncak telah diaspal, sehingga memungkinkan pendaki dapat menggunakan kendaraan pribadi atau berjalan kaki.

Kunjungan para wisatawan ke Gunung Telomoyo terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini menjadikannya destinasi yang populer bagi wisatawan dari berbagai daerah.

Bentuk Gunung Telomoyo

Gunung ini memiliki bentuk strato (kerucut) dan meskipun belum pernah tercatat meletus, kehadirannya bisa dilihat dari kota-kota sekitarnya, termasuk Salatiga, Ambarawa, dan Secang di Magelang.

Gunung Telomoyo dikelilingi oleh tiga gunung lain, yaitu Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sumbing, dan Gunung Ungaran, menciptakan lanskap yang sangat indah dan penuh pesona.

Sejarah Gunung Telomoyo

Menurut catatan sejarah yang mengutip berbagai sumber, Gunung Telomoyo dikatakan terbentuk di sisi selatan Gunung Soropati.

Gunung Soropati telah mengalami erosi dan runtuh sejak zaman Pleistosen, yang kemudian menghasilkan Gunung Telomoyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: