Tidak Hanya Angker, Ada Sisi Lain Alas Roban yang Perlu Diketahui!

Tidak Hanya Angker, Ada Sisi Lain Alas Roban yang Perlu Diketahui!

jalur alas roban--foto harapan rakyat

DISWAY JATENG - Jalan Alas Roban atau jalur Alas Roban adalah salah satu jalur jalan tanjakan yang cukup curam yang berada di Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Jalur ini menghubungkan Kota Batang dan Semarang yang merupakan bagian dari Jalur Pantura. Jalanan yang menanjak berkelok dan kepadatan kendaraan saat arus mudik acap kali menyebabkan kecelakaan didaerah tersebut.

Dari Kendal menuju Pekalongan harus melewati kawasan Alas Roban yang konon merupakan salah satu jalur Tengkorak di Jawa Tengah. 

Jalur di Alas Roban ini di kenal juga dengan sebutan De Grote Postweg, pembuatan jalan hutdimasa pemerintahan Gubernur Deandles melibatkan banyak rakyat pribumi untuk melakukan kerja rodi.

Selama pelaksanaan kerja rodi yang tidak manusiawi, banyak jatuh korban jiwa. Pada zaman itu Alas Roban juga menjadi tempat membuang mayat akibat korban jiwa dari rodi, tidak heran suasana di Alas Roban terkenal angker. 

BACA JUGA:5 Kisah Mistis dan Mitos Alas Roban yang Menyeramkan dan Jarang Diketahui

Alas berarti hutan, yang artinya kawasan ini adalah hutan belantara yang dibelah untuk dibuat jalan raya. Medannya lumayan sulit, banyak kelokan dan tanjakan curam. Untuk mengurangi risiko kecelakaan, maka saat ini sudah dibuatkan jalur alternatif dikawasan Alas Roban. jalur alternatif lingkar utara dan selatan.

Kendaraan pribadi dan sepeda motor melalui jalur lingkar alternatif utara. Kendaraan berat biasanya memanfaatkan jalur selatan berupa jalan beton. Walaupun relatif lebih jauh, namun tidak banyak tikungan tajam dan tanjakan curam. Di sepanjang jalur ini pula banyak sopir memarkir kendaraan beratnya untuk beristirahat.    

Secara Geografis, Hutan Alas Roban berada di Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Jalan yang membelah hutan ini berkelok-kelok dan kanan kirinya ditumbuhi pepohonan yang tinggi. 

Kurangnya penerangan jalan juga membuat suasana tempat ini semakin seram terutama pada malam hari. Cerita mistis yang membayangi tempat ini memang sudah terkenal sejak dulu. Bahkan pada tahun 1980-an tempat ini menjadi tempat pembuangan mayat-mayat penembak misterius (petrus).

Tiga Jalur yang Membelah Alas Roban

Alas Roban merupakan salah satu titik rawan macet di jalur pantura, terutama pada masa mudik, tidak jarang kecelakaan sering dijumpai pada titik ini karena lingkungan disekitar hutan masih berbentuk hutan dan minim penerangan. 

Saat ini jalur Alas Roban ada tiga jalur yang dilewati yakni Jalan Pancowati (jalan lama), jalan lingkar selatan, dan jalan pantura. Jalur utama biasanya dilewati truk gandeng dan bus, jalur selatan dilewati truk besar, sedangkan jalur utara dilewati kendaraan pribadi atau roda dua.

Terdapat Beraneka Ragam Jenis Buah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: