Mitos dan Legenda Wisata Guci di Tegal, Dipercaya Bikin Awet Muda!

Mitos dan Legenda Wisata Guci di Tegal, Dipercaya Bikin Awet Muda!

mitos wisata guci tegal--foto mi.media indonesia

DISWAY JATENG - Guci sebuah destinasi wisata yang terkenal sebagai pemandian air panas/hangat, juga memiliki sejumlah mitos yang melekat dikalangan warga sekitar dan pengunjung. 

Lokasinya yang terletak di Desa Guci Kec.Bumijawa Kab.Tegal, dibawah kaki Gunung Slamet dibagian utara, menjadikannya sebagai sebuah tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Sumber air panas di Wisata Guci ini terletak diatas ketinggian 1.050 meter diatas permukaan laut dengan total area sekitar 210 hektar.

Pemandian air panas di Wisata Guci cukup terkenal karena panorama alam yang menarik dengan suasana yang sejuk khas pegunungan. Namun, dibalik keindahannya terdapat mitos atau legenda yang dipercaya oleh warga sekitar. 

Berikut Beberapa Mitos yang Terkenal di Wisata Guci Tegal :

BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata di Guci, Nomor 3 Paling Banyak di Kunjungi!

1. Mitos Wisata Air Panas Guci

Konon katanya air panas Guci adalah air yang diberikan Walisongo kepada orang yang mereka utus untuk menyebarkan agama islam ke Jawa Tengah bagian barat disekitar Tegal. Karena air itu ditempatkan disebuah Guci (Poci), yang berkhasiat mendatangkan berkat, masyarakat menyebut lokasi pemberian air itu dengan nama Guci.

Salah satu mitos yang berkembang di wisata pemandian air panas Guci adalah siapa saja yang di pemandian air panas tersebut bisa menambah aura kecantikan dan membuat awet muda.

Hal ini mungkin disebabkan oleh kandungan belerang yang terdapat di air panas pegunungan yang dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit kulit, sehingga dianggap dapat membuat kulit terlihat lebih sehat dan awet muda. 

Mitos lain yang sering terdengar di objek wisata pemandian air panas Guci adalah khasiat air yang hangat yang disebut mampu mengobati berbagai macam penyakit. Meskipun belum dibuktikan secara ilmiah, namun kandungan belerang di air panas pegunungan memang dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit kulit, seperti gatal-gatal hingga rematik.

Selain itu, mitos yang berkembang di kalangan remaja yang menjalin asmara di Guci mengatakan bahwa siapa saja yang mengajak pasangan sebelum menikah ke Guci, maka hubungannya tidak bisa bertahan lama. Menurut cerita, Guci sendiri merupakan akronim dari Gugur Cinta yang bermakna kandasnya sebuah cerita.

Mitos lain yang sering terdengar di kalangan masyarakat dan pengunjung Guci adalah tentang keberadaan "ngalap berkah". Mitos ini mengatakan bahwa pada hari kamis malam yang keesokan harinya merupakan hari jum'at kliwon, jika mandi di pemandian air panas Guci sekitar jam 12 malam dan memohon sesuatu disini, maka apapun permohonan akan dikabulkan.

2. Legenda Waduk Gajah Mungkur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: