Kelimpungan! Pengusaha Katering Siasati Naiknya Harga Beras

Kelimpungan! Pengusaha Katering Siasati Naiknya Harga Beras

Memasuki akhir Oktober 2023, harga beras di Kota Tegal dan sekitarnya masih terus naik dalam dua bulan terakhir. --Radar Tegal

DISWAY JATENG – Memasuki akhir Oktober 2023, harga beras di Kota Tegal dan sekitarnya masih terus melambung dalam dua bulan terakhir sehingga berimbas ke pengusaha katering.

 

Selain emak- emak yang menjerit, karena harga beras yang terus merangkak naik, beberapa UMKM di bidang makanan mengeluhkannya. Salah satunya adalah pengusaha katering yang terpaksa harus mensiasati agar usahanya tetap berjalan.

 

"Harga beras yang terus naik sangat berpengaruh bagi UMKM, karena disini menyediakan menu nasi yang terjangkau. Sementara sisi lain, misal kami sudah dikontrak dalam penyedia makanan," kata Ana, pemilik katering di Jalan Martoloyo, Dampyak, Kabupaten Tegal, Senin (16/10).

 

Ibu dua anak ini juga mengaku dirinya tidak mungkin mengurangi porsi atau cari opsi beras yang lebih murah, karena kan kualitas adalah utama.

 

"Makanya kenaikan harga beras yang terus melambung bagi kami sebagai pengusaha katering kecil-kecilan sangat berpengaruh sekali. Apalagi beras yang dijadikan nasi itu bahan utama dalam makanan," ungkapnya.

 

Ana berharap harga beras bisa kembali stabil. Sehingga masyarakat tidak kelimpungan dengan harga beras yang terus melambung. Termasuk para pelaku usaha, baik itu warteg ataupun usaha katering.

 

Serupa dikatakan Sari, penyedia makanan bagi anak-anak yang tinggal di rumah kost. Dia mengaku sejak awal Agustus lalu harga terus naik. Sekali naik itu bisa Rp200 per hari. Sampai sekarang rata-rata naiknya Rp2.000 lebih perkilogram.

 

"Kualitas medium yang awalnya Rp10.200 sekarang Rp13.500. Kemudian, beras premium awalnya Rp12.200 naik jadi Rp14.000. Bahkan yang premium terus naik lagi jadi Rp16.500 sampai Rp17.000 perkilogram," katanya.

 

Dengan kondisi ini, pengusaha katering seperti dirinya hanya bisa mengurangi porsi nasi. Dan pengurangan ini sempat diprotes anak-anak kos. Kendati demikian, setelah dijelaskan mereka memahami. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: