Cegah Uang Palsu, Bhabinkamtibmas Polsek Dukuhturi Sosialisasi CBP Rupiah

Cegah Uang Palsu, Bhabinkamtibmas Polsek Dukuhturi Sosialisasi CBP Rupiah

SOSIALISASI - Bhabinkamtibmas Polsek Dukuhturi mensosialisasikan kewaspadaan peredaran uang palsu.Foto: Herrmas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI  – Mendasari surat perintah  Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK yang memerintahkan Kasat Binmas bersama 14 anggota Bhabinkamtibmas perwakilan dari masing-masing Polsek. Untuk mengikuti kegiatan Cinta Bangga Paham Rupiah (CBP Rupiah) yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Tegal (BI Tegal). 

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK melalui Kasat Binmas AKP Bambang Suwidagdo SH MAP menyatakan, selesai kegiatan CBP Rupiah pihaknya mendorong Bhabinkamtibmas untuk meneruskan ilmu yang didapatnya kepada masyarakat.  Selesai melaksanakan kegiatan CBP Rupiah para Bhabinkamtibmas bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi yang didapat dari BI kepada masyarakat di wilayah desa masing-masing. 

“Agar warganya paham dan mengenal rupiah sehingga tidak menjadi korban uang palsu” ujarnya.

Terpisah,  Bripka Untung Pribowo Skom, Bhabinkamtibmas Polsek Dukuhturi saat pelaksanakan Musrenbangdes di Desa Dukuhturi menyosialisasikan  CBP Rupiah kepada undangan yang hadir. Dia menyampaikan  agar masyarakat dapat membedakan uang asli dan palsu. Serta bagaimana cara menyimpan uang dengan benar.

“Untuk mengetahui uang tersebut asli atau palsu bisa dengan cara 3D (Dilihat, Diraba dan Diterawang). Sedang untuk menyimpan uang dengan benar itu denga cara 5J (Jangan Diremas, Jangan Direndam, Jangan Disteples, Jangan Digambar, Jangan Dilipat)," cetusnya.

Tidak hanya memberikan materi pihaknya  juga mengajak warganya untuk langsung praktik cara menguji uang asli dengan menggunakan alat yang diberikan dari Bank Indonesia. Yaitu dengan Lampu UV dan kaca pembesar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id