Jaring Lebih Banyak Akseptor dengan KB Gratis di Kabupaten Pemalang

Jaring Lebih Banyak Akseptor dengan KB Gratis di Kabupaten Pemalang

KB GRATIS - Akseptor sedang mengikuti KB gratis di Puskesmas Foto: Siti Maftukhah/Radar Pemalang --

DISWAYJATENG, PEMALANG - Pelayanan KB gratis diadakan di Puskesmas Bantarbolang. Dalam rangka TNI manunggal Bangga Kencana Kesehatan dan merupakan momentum pelayanan KB gratis menyambut HUT TNI.

Yuli Satyani, Koordinator Lapangan KB Kecamatan Bantarbolang mengatakan, pelayanan KB gratis yang selalu ditunggu tunggu oleh calon akseptor,  yang tidak memiliki BPJS sehingga dapat terlayani. Kegiatan pelayanan diutamakan metode kontrasepsi jangka panjang, seperti IMPLAN dan IUD juga pelayanan Kontap atau kontrasepsi  tetap.

"Kegiatan kerjasama TNI dan Penyuluh KB ini, diharapkan dapat menjaring akseptor yang tidak mampu, juga lebih luas dalam kegiatan sosialisasinya," ujar Yuli.

KB gratis selalu dinantikan oleh masyarakat, apalagi mereka sudah mengetahui manfaat KB, dan rutin mengikuti KB untuk kebahagiaan keluarga. KB gratis untuk masyarakat di Kecamatan Bantarbolang, sudah disosialisasikan melalui para kader di masing-masing desa. 

"Hasilnya untuk KB Implan 56 akseptor dan MOW 1 akseptor," tambahnya. 

Kukuh Raharso, penyuluh KB lainnya menuturkan, program KB gratis ini menguntungkan bagi masyarakat, meskipun gratis namun dari segi pelayanan tetap prima. Akseptor nantinya bisa kontrol ke puskesmas, dan  jika ada keluhan bisa langsung ditangani. 

"Antusias masyarakat cukup tinggi, semoga ke depan banyak program KB yang lebih bermanfaat lagi untuk masyarakat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id