Mulimat NU dan Difabel Slawi Dapat Hibah Program Air Bersih

Mulimat NU dan Difabel Slawi Dapat Hibah Program Air Bersih

Deputy Director GESIT, KIAT, Collen McGin secara simbolis menyerahkan hibah program air bersih kepada Muslimat NU Kabupaten Tegal.-Yeri Noveli-jateng.disway.id

SLAWI,  DISWAY JATENG - Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) dan Difabel Slawi Mandiri (DSM) di Kabupaten Tegal mendapat hibah sektor air bersih atau water and sanitation.

Hibah ini merupakan program Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial dalam Infrastruktur (GESIT), sebagai bagian dari program Kemitraan Indonesia dan Australia dalam Infrastruktur (KIAT).

BACA JUGA:Ini Dia 7 Rekomendasi Laptop Murah dengan Spesifikasi Terbaik 2023

Penyerahan hibah dipusatkan di Pendapa Amangkurat Pemkab Tegal, Jumat 15 September 2023. Hadir dalam acara tersebut, Bupati Tegal Umi Azizah, Deputy Director KIAT Colleen McGinn, perwakilan organisasi perempuan, organisasi penyandang disabilitas, dan perwakilan instansi di Kabupaten Tegal. 

BACA JUGA:Laptop Refurbish Viral di Tiktok! Memang Sebagus itu?

Acara ini juga ditandai dengan penyerahan sertifikat antara Muslimat NU dan DSM serta Team Leader GESIT.

Bupati Umi mengapresiasi serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada KIAT yang telah menunjuk Kabupaten Tegal sebagai lokus implementasi pembangunan kesetaraan gender, disabilitas dan inklusi sosial melalui program GESIT.

BACA JUGA:4 rekomendasi laptop Acer paling murah 2023, Mulai dari 3 hingga 6 Jutaan!

Ini tentunya dapat mendukung pembangunan pemerintah daerah dari perspektif gender dan inklusi sosial. Umi berharap, dua organisasi penerima hibah itu dapat dibantu oleh organisasi lainnya.

Termasuk dari Perumda Tirta Ayu supaya bisa menciptakan infrastruktur yang inklusif melalui partisipasi perempuan dan penyandang disabilitas.

BACA JUGA:Gass Beli! Laptop Ini Harganya Cuma 2,5 Jutaan Aja

"Dari mulai perencanaan, perancangan, implementasi dan monitoring pembangunan infastruktur," kata Umi Azizah.

Melalui jalinan kemitraan GESIT yang akan berlangsung selama dua tahun ke depan, diharapkan dapat mendorong partisipasi dan advokasi perempuan serta penyandang disabilitas. Utamanya dalam pembangunan daerah dan pemenuhan kebutuhan air bersih.

Bupati tak menampik, di Kabupaten Tegal ada beberapa desa yang mengalami krisis air bersih. Sejauh ini, pemerintah daerah sudah mengelontorkan bantuan air bersih sebanyak 600 ribu liter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id