SMK Negeri 2 Kota Tegal Adakan Perkemahan Tunas Harapan

SMK Negeri 2 Kota Tegal Adakan Perkemahan Tunas Harapan

PENYERAHAN TROFI — Pembina Pramuka SMK Negeri 2 Kota Tegal menyerahkan trofi dalama acara Perkemahan Tunas Harapan. Foto : K Anam S --

DISWAYJATENG, PEMALANGSMK Negeri (SMKN) 2 Kota Tegal menyelenggarakan Perkemahan Tunas Harapan (PTH) yang dilangsungkan di Bumi Perkemahan Semugih Banyumudal, Kecamatan Moga, Kabupaten PEMALANG. PTH ini diikuti oleh Peserta Calon Penegak Kelas X Tahun Pelajaran 2023/2024 berjumlah 394 orang.

PTH merupakan Kegiatan Peserta Penerimaan Tamu Ambalan (PPTA) di Pangkalan Gudep Mandala Surya Brata dan Sekar Arum Pamukti, yakni salah satu program kerja Pramuka SMK Negeri 2 Kota Tegal yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan PPTA wajib bagi peserta didik baru untuk naik tingkat dari Penggalang ke Penegak. 

Kepada Radar Tegal, Pembina Pramuka SMK Negeri 2 Kota Tegal Hadi Wurjanto SPd mengatakan, PPTA ini diadakan sebagai wadah menumbuhkan jiwa kepemimpinan kepada anggota Pramuka SMK Negeri 2 Kota Tegal, menanamkan kedisiplinan, dan kemandirian, serta melatih kekompakan antaranggota Pramuka SMK Negeri 2 Kota Tegal.

“PPTA juga merupakan kegiatan bagi Calon Penegak untuk bisa secara resmi bergabung menjadi anggota Ambalan Pramuka Penegak dan untuk memenuhi fase peralihan dari Pramuka Penggalang menuju Pramuka Penegak serta untuk lebih mengenalkan Pramuka di SMK Negeri 2 Tegal,” kata Hadi. 

Hadi menyampaikan, PPTA dilaksanakan untuk mengenalkan lingkungan Pramuka Penegak khususnya pada Ambalan Mandala Surya Brata dan Sekar Arum Pamukti, menumbuhkan jiwa kepemimpinan kepada calon anggota Ambalan, mempererat komunikasi dan melatih kebersamaan antarcalon anggota Pramuka, serta melaksanakan program kerja Dewan Ambalan.

“Tujuan PPTA yakni untuk menarik minat peserta didik pada ekstrakurikuler Pramuka dan untuk menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam Dasa Darma sekaligus Tri Satya Pramuka,” ungkap Hadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id