Pemkab Pemalang Bersiap Hadapi Penilaian KKS

Pemkab Pemalang Bersiap Hadapi Penilaian KKS

RAPAT - Plt Bupati Pemalang H Mansur Hidayat memberikan arahan rapat persiapan penilaian KKS. Foto : Agus Pratikno/Radar Pemalang --

DISWAYJATENG, PEMALANG – Pemerintah Kabupaten Pemalang melakukan persiapan untuk penilaian Kabupaten/Kota Sehat (KKS). Pelaksanaan penilaian KKS tanggal 15 dan 16 September 2023 oleh Tim Verifikasi KKS Pusat di 11 lokasi prioritas.

Ketua Tim Pembina KKS Kabupaten Pemalang Sujarwo  mengatakan, persiapan menjelang kunjungan lapangan oleh Tim Verifikasi KKS harus dilakukan. Mengingat kunjungan lapangan itu, merupakan tindak lanjut atas hasil verifikasi dokumen dan verifikasi lanjutan secara virtual pada awal Agustus oleh Tim Verifikasi KKS Pusat.

"Pemilihan KKS dilakukan dengan mengikuti metode sampel yang mempertimbangkan representasi dari setiap provinsi,"katanya.

Menurutnya,  tujuan dari pelaksanaan kunjungan lapangan  untuk mendapatkan gambaran dan memvalidasi secara langsung atas pelaksanaan indikator dari 9 tatanan penyelenggaraan KKS. Selain itu untuk memastikan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung penyelenggaraan KKS secara berkelanjutan.

Ketua Forum Pemalang Sehat (FPS) Shanti Rosalia menyampaikan, beberapa hal terkait verifikasi KKS. Tentunya tidak terlepas dari unsur sehat yang meliputi bersih, aman, nyaman dan sehat. Oleh karena itu, sudah seharusnya semua lokasi kunjungan lapangan harus dapat mewujudkan unsur sehat di atas.

Oleh karena itu, pihaknya berharap agar semua lokus yang akan dikunjungi oleh tim verifikasi sudah memenuhi syarat bersih, aman, nyaman dan sehat.

Kepada kepala perangkat daerah pengampu lokus kunjungan, Shanti berpesan agar mereka mengecek kembali terhadap indikator yang melekat pada lokus kunjungan. Verifikasi lapangan kali ini untuk validasi fisik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id