Lestarikan Budaya Daerah, Disdikbud Kota Tegal Gelar Pekan Seni

Lestarikan Budaya Daerah, Disdikbud Kota Tegal Gelar Pekan Seni

MENDAMPINGI-Kepala Disdikbud Kota Tegal Ismail Fahmi meninjau langsung kegiatan pekan seni di Pendopo Komplek Balai Kota Tegal. Foto : Meiwan Dani R --

DISWAYJATENG, TEGAL - Untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya daerah, Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Bidang Kebudayaan mengadakan Pekan Seni.

Kegiatan itu dilaksanakan selama dua hari yaitu Selasa dan Rabu, 5 hingga 6 September 2023 di Kota Tegal.

Kepala Disdikbud Kota Tegal Ismail Fahmi  meninjau langsung kegiatan tersebut,  disamping melestarikan budaya juga sebagai wadah kreatifitas anak-anak Kota Tegal.

“Melalui Pekan Seni, kita tanamkan rasa cinta budaya sendiri, mengenal dan menumbuh kembangkan seni budaya, melestarikan seni budaya bangsa Indonesia dan tentunya pula bisa meningkatkan bakat dan kreatifitas siswa," kata Ismail Fahmi.

M. Ismail Fahmi juga menjelaskan, kegiatan ini secara rutin dilaksanakan setiap tahun, agar siswa ikut handarbeni/nguri-uri budaya sendiri. 

"Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan yang telah dilaksanakan dari tingkat Kota, Karesidenan sampai dengan Provinsi dari Tahun 2002. Tahun 2017 tidak dilaksanakan lagi baik di tingkat Karesidenan maupun di tingkat Provinsi," terangnya.

Sementara itu Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Sri Hartati menyampaikan untuk kegiatan Pekan Seni, para peserta dari jenjang SD/MI merupakan perwakilan atau penunjukan 3 sekolah dari masing-masing korwil. Untuk lima jenis lomba perorangan (baca puisi, pidato bahasa jawa, lukis, tari,

nyanyi tunggal) setiap korwil mengirimkan 3 putra dan 3 putri, dan untuk jenis lomba kelompok Karawitan diikuti semua yang mempunyai perangkat gamelan sedangkan jenis lomba kelompok Paduan Suara 1 korwil mengirimkan 3 kelompok. 

"Khusus untuk Siswa SMP/MTs dimohon untuk mengikuti semua jenis lomba baik perorangan atau kelompok," ujar Sri Hartati.

Jenis Lomba terdiri dari, seni baca puisi di SMP Negeri 7, seni pidato bahasa Jawa di SMP Negeri 6, seni lukis di Aula PKG Tegal Barat SD Negeri Pekauman 7, seni karawitan di Pendapa Ki Gede Sebayu, seni tari di Aula Korwil Tegal Barat SD Negeri Pekauman 5, seni paduan suara di Taman Budaya Tegal (TBT) dan seni nyanyi tunggal di SMP Negeri 14.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id