Rutin Minum Air Rebusan Kayu Secang, Ini Manfaatnya! Nomor 4 Bikin Kaget

Rutin Minum Air Rebusan Kayu Secang, Ini Manfaatnya! Nomor 4 Bikin Kaget

Manfaat minum air rebusan kayu secang--

DISWAYJATENG.ID - Pakai kayu Secang untuk mengontrol gula darah Anda, dijamin mudah dan murah. Kayu Secang merupakan kayu yang berasal dari pohon Caesalpinia sappan.

Manfaat kayu secang untuk kesehatan telah digunakan sebagai obat tradisional selama bertahun-tahun. Kayu secang atau Brazilwood merupakan pohon secang yang tumbuh di daerah yang sangat kering.

Oleh karena itu, disarankan untuk menanam tanaman ini di wilayah Indonesia bagian timur, seperti Nusa Tenggara Timur yang iklimnya cukup kering.

Kayu secang merupakan pohon kecil yang tingginya sekitar 5 sampai 10 meter. Permukaan batangnya kasar, dikelilingi duri yang tersebar.

Daunnya terdiri atas daun menyirip ganda, masing-masing mempunyai 10-20 pasang helai daun berseberangan dan helai daun penyangga.

Perbungaan kayu secang terdiri dari banyak bunga berwarna kuning cerah. Buahnya berry hitam dan berisi 3 sampai 4 biji bulat memanjang.

Kayu ini mempunyai warna merah tua dan sering digunakan sebagai pewarna alami dan bahan herbal dalam pengobatan tradisional. Kegunaannya yang luas meliputi pewarna kain, cat dan campuran herbal untuk berbagai keperluan kesehatan. 

Kayu secang (Caesalpinia sappan) telah lama banyak diolah menjadi bahan baku berbagai minuman herbal, maupun jamuan godok berbumbu yang dikenal dengan wedang uwuh.

BACA JUGA:6 Manfaat Luar Biasa Ikan Nila Bagi Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

Pertama, kayu secang  diserut dan dijemur untuk dijadikan minuman. Berbagai senyawa yang terdapat pada kayu secang dipercaya mempunyai manfaat bagi kesehatan.

Berikut  beberapa manfaat kayu secang:

1. Mengatasi peradangan 

Kayu secang mengandung senyawa yang mampu mengurangi peradangan. Beberapa penelitian juga menunjukkan  ekstrak tanduk rusa secang dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan. Meski demikian, manfaat kayu secang masih perlu diteliti lebih lanjut agar dapat dimafaatkan semaksimal mungkin.

2. Pengobatan Jerawat 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: