Keren, Pendirian Prodi Kedokteran UPS Divisitasi KKI

Keren, Pendirian Prodi Kedokteran UPS Divisitasi KKI

VISITASI - Konsil Kedokteran Indonesia melakukan visitasi pendirian Prodi Kedokteran Universitas Pancasakti Tegal di Kampus II UPS, Jumat (25/8) hingga Minggu (27/8). Foto : K Anam S --

DISWAYJATENG, TEGAL - Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) melakukan visitasi pendirian Prodi Kedokteran Universitas Pancasakti Tegal (UPS) di Kampus II UPS, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jumat (25/8) hingga Minggu (27/8). Tim KKI terdiri dari dr Mariatul Fadilah MARS SpKKLP PhD, dr Ni Nyoman Mahartini SpPK (K), drg Erly Novita Sholihin SKM, dan Banyu Herdiansyah SKom.

Rektor UPS Dr Taufiqulloh MHum mengatakan UPS sangat bersemangat mendirikan Prodi Kedokteran UPS. "Kedatangan Tim KKI diharapkan dapat memberikan masukan dan pembenahan dalam persiapan pembukaan Fakultas Kedokteran UPS," kata Rektor dalam sambutannya.

Pendirian Prodi Kedokteran UPS diharapkan mampu memenuhi kebutuhan dokter (Tenaga Medis) khususnya di wilayah Pantura Barat, di mana letak Kota Tegal yang strategis dan upaya penanganan masalah kesehatan khususnya daerah pesisir pantai menjadikan pendirian Prodi Kedokteran UPS sangat diprioritaskan. 

Ketua Tim Pendirian Prodi Kedokteran UPS Dr Ir Suyono MPi menyampaikan, Tim Kedokteran UPS sudah mengupayakan segala hal dalam pendirian Prodi Kedokteran UPS. Mulai dari sarana prasarana, sumber daya manusia dokter yang berkualitas dan profesional, rumah sakit pendidikan dengan menggandeng RSUD Brebes, rumah sakit satelit, Wahana Pendidikan, dan kelengkapan lainnya.

"Prodi Kedokteran UPS ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat dan penyelesaian permasalahan kesehatan khususnya di wilayah Pantura atau pesisir," ujar Dekan Fakultas Kedokteran UPS Dr dr Agung Saprasetya Dwi Laksana MScPH.

Direktur RSUD Brebes Dr dr Rasipin MKes menegaskan RSUD Brebes siap mendampingi UPS sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama, dengan sembari RSUD Brebes terus berbenah dan mengambangkan segala kebutuhan dan kelengkapannya. RSUD Brebes sangat senang dan menyambut baik atas upaya UPS untuk bekerja sama dalam rangka pendirian Prodi Kedokteran UPS. 

"Semoga UPS dan RSUD Brebes terus berkomitmen dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang diharapkan yaitu pendirian Prodi Kedokteran UPS," ungkap Rasipin.

Tim KKI yaitu dr Mariatul Fadilah MARS SpKKLP PhD mengucapkan selamat kepada UPS yang akan mendirikan Prodi Kedokteran UPS. Visitasi ini sangat penting bagi institusi yang akan membuka Prodi Kedokteran, karena dari visitasi ini dapat diketahui seberapa besar prosentase kesiapan Prodi Kedokteran UPS.

Berdasar visitasi ini, Tim KKI menyampaikan RSUD Brebes sangat layak menjadi Rumah Sakit Pendidikan Utama untuk Prodi Kedokteran UPS, hal ini dilihat dari sarana dan prasarana yang lengkap, hanya perlu penambahan beberapa departemen. Tim KKI juga menyampaikan bahwa Puskesmas Tegal Timur sangat layak dijadikan Wahana Pendidikan karena terakreditasi Utama dan hampir Purna. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id