5 cara menjadi mahasiswa baru bertahan hidup di rantau.

5 cara menjadi mahasiswa baru bertahan hidup di rantau.

--

DISWAYJATENG.ID - Sebagai seorang pelajar di perguruan tinggi, terutama bagi mahasiswa baru tentunya akan sangat berbeda dengan apa yang dialami di SMA. Apalagi di lingkungan baru dimana proses kedewasaan di temukan.

 

 

5 cara menjadi mahasiswa baru bertahan hidup di rantau.

 

Menghadapi sebuah kesulitan dan menemukan solusinya adalah tahap yang harus dilalui untuk mendapatkan buah hasil yang maksimal saat menjalani proses perkuliahan.

Cara bertahan selama belajar di perguruan tinggi:

1. Cari teman seperjuangan

Untuk bisa nyaman berada di lingkungan baru, pemilihan teman itu penting. Cari teman yang punya visi atau hobi yang sama dengan kamu. Dengan begitu hari-hari akan terasa lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

 

2. Belajar adaptasi

Kulih sangat berbeda dengan masa-masa SMA, sehingga kita harus belajar beradaptasi, wajar kalau kamu merasa asing dan kesepian di beberapa bulan awal saat masuk di kampus baru. Namun bisa diatasi dengan mulai membantu hubungan pertemanan bersama temen-teman sekalas dan sekosan.

 

3. Bermental baja

Bermental baja dalam artian kamu harus sisihkan waktu 40 jam seminggu untuk belajar, layaknya bekerja penuh waktu. Belajarlah dua jam di kosan untuk setiap jam yang kamu habiskan dikelas. Kerjakan tugas yang diberi dosen kamu dengan tepat waktu. Sehingga pada saat tibanya ujian kamu tidak kaget dengan materi-materi yang diberikan. belajar membagi waktu karena dimasa perkuliahan bukan hanya mencari ilmu saja tetapi mencari relasi agar nantinya pada waktu masuk dunia kerja mempunyai banyak teman relasi.

 

4. Jangan fomo

Kegiatan di kampus yang sangat beragam bentuknya membuat banyak mahasiswa baru yang ingin ikut-ikutan alisas Fear of Missing Out (FOMO)

FOMO semakin menjadi-jadi, salah satunya adalah karena penggunaan media sosial yang berlebihan. Alhasil kamu disibukkan dengan berbagai hal yang sebernanya bukan merupakan kebutujan, hal tersebut mengaburkan kamu dengan standar pencapaian dan tujuan pribadi yang sebenernya. Dampak FOMO bagi mahasiswa bisa menimbulkan stres, khawatir berlebihan, memiliki citra diri yang buruk hingga membuat keputusan-keputusan yang merugikan.

 

5. Tahan begadang

Bergadang atau sistem kebut semalam memang menggoda banget, apalagi buat kamu yang suka menunda-nunda pekerjaan. Tapi ini tidak direkomendasikan! Soalnya sistem kebut demalam Cuma bakal bikin kita kewalahan dan kurang istirahar di detik-detik terakhir sebelum pengumpulan tugas. Apalagi tugas kuliah akan lebih banyak dan susah dibanding saat masih SMA. 

 

Nah tulah kelima hal yang bisa kamu sebgai mahasiswa baru supaya bisa tetap bertahan dengan kehidupan kampus.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: